Perpustakaan Negara Malaysia (PNM) adalah perpustakaan resmi di negeri jiran kita. Tempat baca ini berdiri pada tahun 1956, dan terletak di di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur.

Perpustakaan Nasional Malaysia ini bertanggung jawab dalam memastikan pengembangan infrastruktur seluruh perpustakaan umum dalam negeri.

Tugas ini diberikan berdasarkan Undang-Undang Perpustakaan Nasional Malaysia 1987 (Amandemen) Bagian II paragraf 4 (2) (h) dan 4 (2) I. Pada tahun 2000, beberapa proyek pembangunan infrastruktur bangunannya meliputi

Proyek Bangunan Perpustakaan Negara Malaysia telah mulai direncanakan pada tahun 1970. Sementara tahun 1978 tanah untuk Bangunan Perpustakaan Nasional Malaysia telah disahkan. Lokasinya di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur seluas 2.2 hektar.

Bentuk Bangunan

Bentuk bangunannya mencerminkan identitas Malaysia yang menggambarkan pencapaian intelektual. Konsep bentuknya berbasis topi tradisional Melayu yang melambangkan budaya Melayu.

Tiga Bumbung

Gabungan tiga bumbung yang berbentuk tengkolok bercantum di halaman ‘Taman Ilmu’ untuk melambangkan perpaduan masyarakat dan tiga tujuan Perpustakaan Negara Malaysia. Susunan ubin bercorak songket berwarna biru untuk atapnya mengisyaratkan warisan yang kaya.

Desain Interior

Konsep ‘minda’ mempengaruhi desain arsitektur interior. Suasana ruang terbuka luas menarik keinginan pengunjung supaya terus melangkah masuk ke setiap ruang perpustakaan. Ruangannya melambangkan keluasan pengetahuan dan intelekualitas. ‘Skylight’ yang terdapat di puncak atap atau bumbung mengilhamkan pencapaian ilmu yang luas. Di antara lima pilar atrium adalah ruang vertikal yang besar.

Beberapa tingkat yang menampung berbagai bagian dan fasilitas perpustakaan dihubungkan oleh tangga yang menarik.

Setiap tingkat tersusun rapi, menampung jaringan layanan, koleksi, dan informasi di perpustakaan. Desain bangunan juga mempertimbangkan fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Dengan demikian semua kalangan bisa menikmati syahdunya dan nuansan intelektual dari tempat ini. Negeri yang maju ini memang patut menjadi teladan dan menjadi contoh bagi kita yang juga sedang membangun karakter bangsa dan merintis kemajuan.

Itulah sedikit ulasan tentang Perpustakaan Negara Malaysia sebagai inspirasi dari negeri jiran. Kita bisa mengadopsi kultur intelektual negara tetangga yang maju supaya menjadi motivasi.