Perlengkapan traveling bayi harus disiapkan jauh-jauh hari agar semua yang dibutuhkan sang buah hati tidak ada yang tertinggal. Kebutuhannya tidak bisa dilakukan secara spontan karena persiapan tergesa-gesa akan menyebabkan ada saja kebutuhan yang tidak terpenuhi. Keperluan bayi tidak seperti perangkat orang dewasa yang mudah dibeli di supermarket.

Pastikan Membawa Semua Perlengkapan Traveling Bayi Anda

Anda perlu cermat dalam memilih perlengkapan yang akan dibawa untuk jalan-jalan. Pertimbangkan juga kepraktisan dan kemudahan bergerak.

Anda juga harus bisa menikmati rencana traveling yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Berikut adalah perlengkapan traveling bayi yang diprioritaskan untuk dibawa saat akan bepergian dengan Si Kecil. Ini merupakan tips traveling dengan bayi yang sangat penting supaya perjalanan minim kesulitan dan bisa nyaman.

1. Pakaian

Sesuaikan jenis pakaian dengan tujuan travelling, ke pantai membawa baju renang untuk si kecil. Ke gunung atau luar negeri membawa baju tebal. Baju ganti juga harus Anda siapkan, bawa seperlunya agar ringan, tapi pertimbangkan juga kalau bayi akan sering ganti baju. Bawa baju yang ringan dan bisa dipadu padankan dengan aksesoris seperti sepatu, jaket atau rompi.

2. Makanan & minuman

Perlengkapan traveling bayi 6 bulan membutuhkan ASI, jadi siapkan botol, cooler box dan juga pompa ASI bila diperlukan. Anda mungkin perlu membawa susu bubuk yang biasa dikonsumsi Sang buah hati kalau sudah bisa minum susu dengan botol. Persiapkan juga cemilannya agar bayi tenang selama di perjalanan karena kebutuhan makan dan minumnya terjamin.

3. Perlengkapan mandi

Sabun, sampo, minyak telon, pasta gigi juga sikat gigi, sisir, bedak adalah perlengkapan traveling bayi yang wajib Anda bawa. Akan lebih mudah bila semua dimasukkan pada satu tas, jadi ketika Anak selesai mandi, bisa langsung mendandaninya. Pilih botol dan container kecil untuk menyimpan sabun, sampo atau bedak. Jadi, bawaan bisa lebih ringan.

4. Botol Minum 

Sebaiknya Anda juga mempersiapkan botol minum si kecil agar lebih mudah saat memberikan minum pada bayi, sesuai umurnya. Anak usia dibawah satu tahun masih minum memakai dot. Anak yang lebih besar bisa memakai botol dot dengan pegangan sehingga melatihnya untuk menggenggam, lakukan ini dengan pengawasan orang tua.

5. Jaket

Saat ingin travelling bersama bayi Anda membutuhkan jaket, sesuaikan bahan, model dan ketebalan dengan tujuan wisata. Jika tempat tujuan dengan daerah yang dingin, bayi membutuhkan jaket yang tebal, sedangkan tempat tujuan yang panas, bayi Anda cukup dengan jaket tipis dan nyaman dipakai.

6. Mainan

Perlengkapan traveling bayi yang cukup krusial adalah mainan. Bawalah beberapa opsi yang paling disukai si kecil supaya dia tidak jenuh di perjalanan . Pilihlah yang berukuran kecil supaya mudah membawanya. Ada beberapa bayi yang bahkan tidak bisa tidur tanpa boneka kesukaannya, jadi jangan lupa memasukkan mainan kesukaan Si Kecil kedalam koper.

7. Obat-obatan

Perlengkapan bayi yang sering terlupakan adalah obat-obatan, jadi yang satu ini jangan sampai tidak dibawa. Anak dalam keadaan sehat ketika pergi, tapi tetap waspada dan bawa obat untuk pencegahan. Obat penurun panas, anti serangga, obat diare, dan antiseptik adalah beberapa obat yang kerap kita butuhkan ketika jalan-jalan. Membawa obat-obatan akan memudahkan pertolongan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

8. Stroller atau Gendongan

Menggendong bayi selama jalan-jalan tentu melelahkan. Anda bisa membawa stroller bila acara termasuk berjalan kaki. Ada beberapa orang tua yang cukup nyaman dengan memakai gendongan, bawa yang paling nyaman bagi orang tua dan balita. Stroller bisa sangat bermanfaat selain untuk menaruh balita, juga menyimpan semua perlengkapannya.

9. Aksesoris Penunjang

Aksesoris seperti kaos kaki, ikat rambut, topi, sandal dan sepatu adalah penunjang penampilan dan juga membuatnya nyaman selama perjalanan. Kaos kaki akan menghangatkan kakinya di ruangan ber AC atau diluar ruangan. Topi melindungi kepala dari panas dan dingin. Pilihlah aksesoris yang sesuai cuaca di daerah yang akan dikunjungi.

Itulah tadi perlengkapan traveling bayi yang harus Anda siapkan sebelum bepergian. Periksa sekali lagi sebelum hari berangkat dan kalau memungkinkan, buat ceklist agar tidak ada item yang tertinggal baik saat pergi atau pulang. Susunlah dengan rapi supaya mudah menemukannya. Nikmati liburan Anda dengan sang buah hati dengan persiapan perlengkapannya yang terdata dengan rapi.