Peralatan mpasi travelling perlu Anda siapkan agar kebutuhan sang buah hati tetap terpenuhi meski sedang berjalan-jalan. Travelling bersama keluarga tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk melepas penat dari rutinitas keseharian.

Tak jarang, Anda juga membawa si kecil dalam perjalanan. Travelling bersama bayi memang memerlukan persiapan khusus. Tak hanya pakaian dan obat-obatan tapi peralatan untuk mpasi si kecil.

Berbagai Perlengkapan Mpasi Travelling yang Harus Dibawa Saat Bepergian

Saat melakukan perjalanan dengan si kecil, Anda perlu menyiapkan makanannya. Pilihlah makanan instan untuk bayi, buah-buahan, dan jenis makanan yang mudah dibuat dalam perjalanan tapi tetap sehat.

Tak lupa menyiapkan peralatan mpasi travelling, utamakan yang ringan tapi tetap berfungsi besar untuk menyiapkan makanan pendamping anak Anda. Peralatan ini juga penting karena termasuk salah satu perlengkapan traveling bayi yang mendukung kenyamanan anak dan orang tua juga.

1. Magic Jar atau Blender Kecil

Jika anak Anda tidak terlalu menyukai bubur instan, buatlah bubur bayi di tempat liburan. Anda tak perlu repot membawa segala macam peralatan dapur. Cukup membawa peralatan mpasi berupa magic jar atau blender dengan ukuran kecil untuk membuat bubur racikan sendiri. Ini akan terasa lebih sehat dan aman.

2.  Celemek Anak

Perlengkapan travelling bayi mpasi yang satu ini tidak boleh dilupakan saat membawa bayi saat travelling. Siapkan celemek untuk membantu anak saat mengkonsumsi mpasi dan mencegah pakaiannya jadi kotor. Pastikan Anda membawa lebih dari satu celemek, khususnya kalau bepergian untuk beberapa hari. Jadi, kalau satu celemek kotor, ada gantinya sambil menunggu celemek lainnya yang kotor. Atau Anda bisa memilih celemek dari silikon untuk lebih mudah membersihkannya.

3. Kotak Makanan

Anda tentu akan banyak membawa makanan yang disukai bayi, seperti buah-buahan. Beberapa buah yang bisa dipilih, seperti jeruk peras, pisang, hingga alpukat. Anda akan sangat terbantu jika membawa peralatan mpasi travelling berupa kotak makanan untuk menyimpan buah-buahan tersebut. Pilihlah kotak makanan dengan bahan yang aman dan teruji kualitasnya. Jangan lupa untuk memotong buah-buahan atau jenis makanan lain sesuai ukuran.

3.  Satu set peralatan makan

Siapkanlah satu set perlengkapan bayi, yang meliputi mangkuk, sendok, garpu, saringan, gunting, feeder, dan lainnya. Usahakan untuk membatasi barang bawaan sehingga berfokus pada perangkat yang paling sering dipakai. Kalau anak masih terlalu kecil, mungkin Anda hanya perlu membawa mangkuk dan feedernya saja. Kalau Anak sedang belajar makan pertimbangkan membawa set makan favoritnya agar tidak kesulitan makan saat jauh dari rumah.

4. Pisau Lipat

Peralatan mpasi travelling yang satu ini mungkin sering dilupakan. Bawalah pisau lipat kecil untuk memotong buah-buahan atau bahan makanan lain. Pastikan bahwa pisau tersebut selalu dalam kondisi bersih saat akan digunakan. Peralatan ini juga biasanya terdapat langsung dalam satu set peralatan makanan bayi yang Anda beli.

5. Cooler Box

Anda dapat memasukkan makanan bayi frozen dalam cooler box. Dengan demikian, mengajak sang buah hati untuk makan jadi lebih mudah. Cukup memanaskannya dan tinggal sajikan. Cooler box juga bisa dipakai untuk menyimpan ASI bila anak Anda masih dalam usia balita. Bawa juga cemilan anak saat perjalanan jauh dan simpan di cooler box agar tetap sehat.

6. Botol Minuman

Proses Mpasi anak bukan hanya berfokus pada makanan padat. Anda juga sedang melakukan transisi dari kebiasaan minum dengan dot ke gelas. Ada banyak botol minuman dengan sedotan untuk anak gunakan khususnya dalam perjalanan. Pilih botol dengan karakter dan model yang anak sukai. Botol bisa diisi dengan susu, teh atau jus buah kalau Anda ingin memberikan variasi santapan dalam perjalanan.

7. Tisu Basah

Ini adalah pelengkap dari semua perangkat mpasi yang wajib dibawa saat traveling. Mulai dari membersihkan sisa makanan yang menempel pada wajah atau baju. Tisu juga pilihan praktis untuk anak membersihkan tangannya sebelum dan sesudah makan. Selalu sertakan tisu basah kemanapun Anda bepergian.

Itulah beberapa peralatan mpasi travelling yang bisa Anda siapkan untuk menemani si kecil. Anda bisa memberikan variasi mpasi untuk si kecil selama liburan dengan beberapa peralatan di atas. Perhatikanlah setiap makanan yang dikonsumsi serta kebersihan peralatan mpasi untuk anak agar momen travelling Anda bersama keluarga tetap menyenangkan.