Hukum Yang Di Sesalkan Saksi ,Kenapa Terdakwa Tidak Jujur Dari...

Yang Di Sesalkan Saksi ,Kenapa Terdakwa Tidak Jujur Dari Awal.

-

- Advertisment -

Menampilkan IMG_0730.JPG

Surabaya,Warnakota.com

Sidang Lanjutan  Perkara penipuan oper kontrak sewa lahan TNI AL senilai Rp 20 miliar,Namun Sidang kali ini hanya melanjutkan keterangan saksi yang di hadirkan  Sidang Kemaren.

 

Diantaranya Saksi dari Sutikno Khusumo selaku Direktur operasional PT TEMAS periode 2012 hingga 2016 .dalam persidangan Saksi Menjelaskan Bahwa dalam  Perkara ini yang di lakukan oleh terdakwa Setyo Hartono,saksi  sangat di rugihkan sebesar Rp 20 Miliar.

 

Terdakwa Setyo Hartono,merupahkan  Komisaris PT Senopati Samudra Perkasa (SSP).dengan Kelakuannya yang tidak jujur  sangat Merugihkan Saksi Sehingga aktifitas operasinal depo kontainer PT TEMAS selaku pihak penyewa lahan saat ini tidak bisa dilakukan secara optimal selama 24 jam.

Hal itu akibat PT SSP sebagai pemegang hak mutlak atas lahan seluas 20 hektar di jalan Kalianak Pesapen telah dicabut hak kepemilikannya oleh TNI AL sejak tahun 2011 silam.

 

“Jika dihitung nilai kerugiannya sangat besar sekali. Untuk oper sewanya saja sudah Rp 20 miliar lebih, belum untuk biaya pengurukan dan pembangunan depo kontainer Rp 10 miliar,” ungkap Sutikno Khusumo di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (22/03).

 

Saksi Sutikno Khusumo, juga mengaku kalau legalitas sewa lahan milik TNI AL antara PT SSP dengan PT TEMAS tetap sah, kendati tanpa melalui prosedur legal audit sebelumnya.

 

“Saya percaya kalau pengoperan lahan itu tidak bermasalah karena mendapatkan jaminan dari Notaris (Edhi Susanto SH MH) dan Yap Linchon Salim. Saya percaya dijamin notaris, karena notaris itu pejabat negara yang disumpah. Saya juga percaya pada Yap sebab Yap tau persis kalau posisi terdakwa (Setyo Hartono) sangat kuat di TNI AL,” ucap saksi Sutikno.

 

 

 

Beda dengan  saksi Albert Simamora selaku legal coorporate PT TEMAS. Dalam persidangan saksi menjelaskan kelakuan dari terdakwa bahkan sangat  di sesalkan kepada Terdakwa “Kenapa terdakwa Sutikno Khusumo’’TIDAK JUJUR “ dari awal terhadap kami ,coba kalau terdakwa JUJUR dari awal kan enak,

 

Apalagi terdakwa sepakat menandatangani Akte Nomer 10 tanggal 4 April 2013 tentang pengoperan hak menempati/mengelola tanah/lahan diatas tanah penguasaan TNI AL karena didasari adanya Akte No 29 tahun 1994  serta jaminan dari notaris Edhi Susanto SH MH yang menyatakan bahwa hak guna bangunan (HGB) diatas Hak Penguasaan Lahan (HPL) selama 30 tahun dan itu bisa dipecah-pecah pada pihak ketiga.

 

“Dengan kekuatan dan jaminan notaris itu, makanya kita bersedia bertransaksi. Ingat, jaminan notaris itu diberikan sebelum Akta Nomer 10 dan Akte Nomer 11 tentang diterbitkan,” sebut Albert Simamora menjawab pertanyaan jaksa soal alasan dirinya melaporkan terdakwa Setyo Hartono dalam dugaan tindak pidana penipuan.

 

Diketahui, tipu-tipu Setyo berawal dari terjadinya kesepakatan . TEMAS yang diwakili Albert Simamora akan menyewa lahan TNI Angkatan Laut di Jl. Kalianak Pesapen dari PT. Senopati Samudra Perkasa yang diwakili Yap Linchon Salim (berkas terpisah). Dengan dibantu Setyo Hartono, Yap Linchon akhirnya berhasil mengoperkan hak sewa lahan itu kepada Harto Khusumo dengan kompensasi pembayaran sebesar Rp 20 miliar.

 

Singkat cerita, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.06/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 4 September 2007, maka lahan tersebut ditarik akan digunakan untuk mendukung Tupoksi TNI AL.

 

Karena tidak bisa lagi menggunakan lahan tersebut sesuai perjanjian, maka Harto Khusumo meminta pengembalian uang yang telah diberikannya, namun Setyo tidak mau mengembalikannya karena uang tersebut telah dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Akibat perbuatannya, Setyo Hartono dijerat dengan pasal 374 dan 378 KUHP. *RHY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...
- Advertisement -

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Rumah Janda Dilalap Si Jago Merah

Surabaya,warnakota.comPeristiwa kebakaran terjadi di Jalan Dukuh Mbulak Banteng Sekolahan RT 03, RW 01 , pukul 21 :10...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you