Umum Terdakwa Pemalsuan Akte Kelahiran Cuma Dituntut 3 Bulan Oleh...

Terdakwa Pemalsuan Akte Kelahiran Cuma Dituntut 3 Bulan Oleh Jaksa Kejati

-

- Advertisment -

Surabaya.warnakota.com

Sidang tuntutan terdakwa Ashefuddin Ahmad (50 ) Jl. Pucang Sewu Kel. Pucang Sewu Kec. Gubeng Kota Surabaya.yang digelar di Ruang Candra dengan Ketua Majelis Hakim I Made SH.
Terdakwa dituntut oleh Jaksa Basuki SH  dari Kejaksaan Tinggi Surabaya ,dimana Menyatakan terdakwa Ashefuddin Ahmad bersalah melakukan tindak pidana dengansengaja memalsukan surat dan/atau dokumen kepada instansi Pelaksana dalammelaporkan Perstiwa Kependudukan dan Peristiwa  Penting sebagaimana diatur dalamPasal 23 Undang Undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang UndangNo 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana didakwakan2. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ashefuddin Ahmad dengan pidana penjaraselama 3 (tiga) bulan dan membayar denda sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh jutanupiah) subsider kurungan selama 2 (dua) bulan3 Menyatakan barang bukti berupasatu) lembar Akte Kelahiran Nomor3578-LT-24122011-0005 NO NIK3578086308030004 an Shabbryna Ayustina Hanefia yang dikeluarkan oleh DinasKependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya pada tanggal 27 Desember 2011teriampir dalam berkas perkara& Menetapkan agar Terdakwa dibebani membayar biaya perkara sebesar Rp 5000 ( Limah ribuh rupiah). Ujar Jaksa Kejati . Kamis,( 7 Januari 2021)
Sayangnya  terdakwa Tidak di tahan baik dari kepolisian .Kejaksaan Tinggi Dan Pengadilan .

Di ketahui  berdasarkan Surat  Tuntutan NO REG PERK POM-212/Eku 2/10/2020 bahwa terdakwa Melakukan Perbuatan Tindak Pidana Lantaran terdakwa Ashefuddin Ahmad, 
pada bulan Nopember 2011 atau pada suatu waktu dalam bulan Nopember 2011.

Terdakwa yang merupakan penduduk Kota Surabayadengan sengaja memalsukan surat dan/atau dokumen kepada Instansi Pelaksana dalammelaporkan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting, perbuatan mana dilakukan dengan  cara-cara sebagai berikutBahwa pada awalnya saksi Jamaludin dan isterinya saksi Riana Kumiawati memilikianak perempuan bernama Shabryna Najwa UlayyaKemudian pada tahun 2003 saksi Jamaludin dan isterinya saksi Riana Kurniawatibercerai dan menyerahkan anaknya Shabryna Najwa Ulayya yang saat itu masih berusia8 (delapan) bulan kepada keluarga kakaknya yaitu terdakwa Ashefuddin Ahmad danisterinya untuk diasuh dan dirawat sebagai anak dan terdakwa Ashefuddin Ahmadbersedia mengasuhnya dan mengganggap Shabryna Najwa Ulayya sebagai anaksendiriKarena terdakwa Ashefuddin Ahmad bermaksud anak Shabryna Najwa Ulayya kelaktidak minder apabila ditanya orang lain perihal orang tuanya sehingga membuatterdakwa berfikiran untuk mengajukan akte kelahiran dengan identitas baru untukShabryna Najwa Ulayya dengan merubah tempat kelahiran dan namanya menjadiShabryna Ayustina HanefiaAdapun Shabryna Najwa Ulayya sendiri sebenarnya dilahirkan di sebuah Rumah SakitBersalin di Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2003 dan sudah diberi nama ShabrynaNajwa Ulayya oleh saksi Riana Kurniawati selaku ibu kandungnya saat itu akan tetapiAkte Kelahiran Shabryna Najwa Ulayya yang diterbitkan Dispendukcapil Jakarta Timurhilang tidak diketemukanKarena saat itu terdakwa Ashefuddin Ahmad belum dikaruniai anak dari pernikahannyadengan saksi Jushwita Kurniati maka Terdakwa merubah nama anak perempuantersebut menjadi Shabryna Ayustina Hanefia dengan cara mengajukan permohonanpembuatan Akte Kelahiran baru ke Kantor Dispendukcapil Kota SurabayaBahwa proses pembuatan Akte Kelahiran untuk Shabryna Najwa Ulayya terdakwaAshefuddin Ahman meminta tolong kepada saksi Tjahja Moentoyo dan saksi TjahayaMoentoyo menyanggupi untuk membantu mengurus Akte Kelahiran Shabryna NajwaUlayya dan meminta persyaratannya diantaranya Surat Keterangan Lahir, kemudianterdakwa Ashefuddin Ahmad meminta pertimbangan kepada ayah Terdakwa yaitu KHAhmad Syairozi (alm) dan ayah Terdakwa kemudian menghubungi saksi Yuniswatinyang berprofesi sebagai Bidan di Ds. Plumpang Kec. Plumpang Kab. Tuban .

agar dibuatkan Surat Keterangan KelahiranShabrynaAyu HapenaSawa Surat Keterangan Kelahiran yang dibuat tidak berdasarkan fakta yangSesunguhnya tersebut telah jadi dan diambil oleh Terdakwa di rumah saksi YuniswatinDs. Pumpang Kec Plumpang Kab. TubanAdapun Surat Keterangan Lahir palsu tersebut adalahYang bertandatangan di bawah ini kami BIDAN YUNISWATIN.

Menerangkan dengan sebenarnya bahwaNama Jushwita Kurniatu warga Jalan Pucang Sewu 7/33 Surabaya.Sabtu ,23 Agustus 2003 Jam 10.30 Wib.Telah melahirkan seorang anak perempuan yang ke 1 (Pertama)Berat Badan 310 gram, panjang badan: 50 cmDiben nama Shabryna Ayustina Hanefia .


Dimana pada hari dan tanggal yang sudah tidak dapat diingat lagi dalam bulan Nopember 2011Surat Keterangan kelahiran palsu an Shabryna Ayustina Hanefia yang dibuat oleh saksiYuniswatin tersebut oleh Terdakwa diserahkan kepada saksi Tjahja Moentoyo untukkelengkapan pengurusan penerbitan Akte Kelahiran dimana Surat Keterangan Lahir palsu diajukan kepada Instansi Pelaksana yaitu Dispendukcapil Kota Surabaya dengandilampinfotocopy KTP Suami Istri (Asefuddin dan Jushwita Kurniati):fotocopy KSK No. 125619/02/01807 an. Asefuddin Ahmadfotocopy Kutipan Akta Nikah Nomor: 614/20/XI/1998 tanggal 6 November 1998fotocopy Surat Keterangan Nomor: 474/332/436.11 6.6/2010 perihal keteranganbahwa nama di KSK/KTP adalah Ashefuddin Ahmad S.Psi, sedangkan nama diSurat Nikah adalah Asefuddin dan dari semua nama tersebut adalah nama satuorang atau orang yang samaBahwa berdasarkan pengajuan permohonan Akte Kelahiran tersebut InstansiPelaksanan Dispendukcapil Kota Surabaya menerbitkan Akta Kelahiran Nomor : 3578-LT-24122011-0005 NO. NIK 3578086308030004 a.n. SHABRYNA AYUSTINAHANEFIA tanggal 27 Desember 2011Bahwa terdakwa Ashefuddin Ahmad dengan sengaja merubah nama anak ShabrynaNajwa Ulayya menjadi Shabryna Ayustina Hanefia serta merubah tempat kelahirannyayang aslinya Jakarta menjadi Tuban untuk dicantumkan didalam Akta Kelahiran Nomor3578-LT-24122011-0005 NO. NIK: 3578086308030004 a.n. SHABRYNA AYUSTINAHANEFIA yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabayapada tanggal 27 Desember 2011 :Atas kejadian pemalsuan surat atau dokumen berupa Surat keterangan Lahir tersebut, akibatnyaTerdakwa dilaporkan oleh saksi Ninik Pudji Asturi ke polisi.
Lantaran perbuatannya terdakwa dijerat  dan diancam pidana dalam Pasal 93 Undang Undang No. 24 Tahun2013 tentang Perubahan Atas Undang Undang No. 23 Tahun 2006 tentang AdministrasiKependudukan.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...
- Advertisement -

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Bagaikan Minum Pil Pahit  Kapolrestabes Surabaya Terkait Oknum Anggotanya Terlibat Narkoba 

Surabaya,warnakota.com Pesta sabu di hotel tengah kota Surabaya, 5 oknum...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you