Hukum Terdakwa Pemakai Sabu Dalam Toillet Diputus Hakim 4 tahun...

Terdakwa Pemakai Sabu Dalam Toillet Diputus Hakim 4 tahun denda 800 Juta Subsider 1 Bulan Penjara

-

- Advertisment -

Surabaya, warnakota

Terdakwa Achmad Hidayat duduk dan tertunduk mendengarkan pembacaan Putusan perkara narkoba yang dibacakan oleh ketua hakim majelis Hasbullah SH,MH.

Sidang babak akhir perkara sabu dalam Toilet yang digelar di R Tirta Pengadikan Negeri Surabaya,Rabu (12/2/2020 ).

Yang beragendakan pembacaan vonis oleh Ketua Majelis Hakim Hasbullah dan didampingi Dua hakim anggotanya hakim Anthoni Sh, MH dan hakim I Made Astawa Sh,Mh.

Pada Dua pekan yang lalu terdakwa di tuntut oleh Jaksa Penuntut Umum Willy SH dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak berupa pidana penjara selama selama 5 tahun penjara dan denda 800 Juta Subsider 3 bulan penjara.

Sayangnya dalam tuntutan jaksa  dengan putusan Hakim seirama dengan tuntutan jaksa Pasal 112, Hanya putusan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa.

 dimana Dalam Amar Putusannya Terdakwa  Achmad Hidayat secara sah bersalah melakukan tindak pidana menyalagunakan narkotika golongan 1  dimana pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika  dan precursor narkotika yang tanpa hak dan melawan hukum mememiliki ,menyimpan  menguasai atau menyediakan narkotika golongan 1 bukan tanaman dan melanggar pasal 112 ayat ( 1) Undang Undang Narkotika no 35 tahun 2009 tanpa Ijin.

Hal hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum dan berterus terang dalam persidangan . Sedangkan hal hal yang memberatkan terdakwa tidak melaksanakan program pemerintah dalam memberantas narkoba.sehingga menjatukan hukuman bagi terdakwa selama 4 tahun penjara dengan denda 800 juta subsider 1 bulan.ungkap Hakim  Hasbullah SH,MH.

Dengan adanya putusan Hakim  Terdakwa Achmad Hidayat mengajukan banding tetapi beda dengan Jaksa Penuntut Umum Ashar Sh, masih menyatakan pikir pikir.

Usai Sidang saat dikonfirmasi Surono SH selaku kuasa hukum terdakwa mengatakan ” saya sangat kecewa dengan putusan hakim karena hakim dalam putusannya tidak mempertimbangkan atas pembelaan terhadap terdakwa dan tidak nengacu Serma  sebagaimana SEMA Nomor 3 tahun 2011 tentang Penempatan Korban Penyalahgunaan Narkotika di dalam Lembaga Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial.

Bahwa sebagaimana SEMA Nomor 4 Tahun 2010 tanggal 7 April 2010 tentang Penempatan Penyalahguna, Korban Penyalahguna dan Pencandu Narkotika ke Dalam Lembaga Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial.

Bahwa Hal tersebut sangat jelas tersurat didalam Penjelasan Pasal 21 ayat (4) huruf b KUHAP (Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981) sebelum berlakunya UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,

 Bahwa Bab IX Pasal 54, Pasal 55 sampai dengan Pasal 59 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan selanjutnya ketentuan di dalam Bab ke-IX tersebut lebih dijabarkan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 (Lembar Negara RI No. 5211 yang diatur dalam Pasal 13 dan 14 PENGATURAN penempatan pecandu dan korban penyalahgunaan Narkotika.

Bahwa Tujuan UU Narkotika yakni “Menjamin pengaturan upaya rehabilitasi medis dan sosial bagi Penyalahguna dan Pecandu Narkotika”. Tujuan tersebut kemudian ditegaskan dalam Pasal 54 UU Narkotika yang menyatakan “Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial”.

Maka dari saya selaku kuasa hukum terdakwa mengajukan Banding .” Ucap Surono SH,pada wartawan.

Diketahui terdakwa Achmad Hidayat ditangkap pada tanggal 20 Agustus 2019 berdasarkan informasi masyarakat.di Warnet Setro Bilik Jalan Barata Jaya Surabaya. Dan ditemukan 1 poket Sabu dengan berat 0,033 gran .hasil Tes Urin Positif , karena perbuatannya akhirnya terdakwa di jerat pasal 127 ayat ( 1 ) huruf a Kuhp Undang Undang RI no 35 tahun 2009 tentang Narkotika.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...
- Advertisement -

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Rumah Janda Dilalap Si Jago Merah

Surabaya,warnakota.comPeristiwa kebakaran terjadi di Jalan Dukuh Mbulak Banteng Sekolahan RT 03, RW 01 , pukul 21 :10...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you