Hukum Terdakwa Memalsukan Dokumen Kayu Di Tuntut 6 Tahun Penjara...

Terdakwa Memalsukan Dokumen Kayu Di Tuntut 6 Tahun Penjara dan Denda 1 Milliar, Kuasa Hukum Tak Terima

-

- Advertisment -

SurabayaWarnakota.com

Sidang tuntutan perkara alih fungsi kawasan hutan produksi yang mendudukan terdakwa Vincencius Gabriel Buce Rahayaan dikursi Pengadilan Negeri Surabaya.

Dalam fakta persidangan yang dipimpin oleh Hakim ketua Majelis Yohanes SH, MH dan Jaksa Penuntut Umum Ginanjar dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Sidang kali ini Terdakwa Vincencius Gabriel Buce Rahayaan didampingi oleh Kuasa Hukum Dari Tim Jarot SH, Dalam tuntutannya yang dibacakan oleh jaksa Ginanjar di R Garuda 2 Pengadilan Negeri Surabaya.Selasa,( 17 /9 ).

Terdakwa Secara sah melakukan tindak Pidana orang perseorangan yang dengan sengaja memuat, membongkar, mengeluarkan, mengangkut, menguasai dan atau memiliki hasil penebangan dikawasan hutan tanpa ijin sebagaimana dalam maksud pasal 12 huruf d sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 83 ayat 1 huruf a jo pasal 12 huruf d Undang Undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dan bersalah melakukan orang perseorangan yang dengan sengaja memalsukan surat keterangan sahnya hasil hutan kayu dan atau mengunakan surat palsu sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 dan dimana diancam pasal 88 ayat ( 1) huruf b jo pasal 14 Undang Undang no 18 Undang Undang tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

Menjatukan Tuntutan terdakwa Vincensius Gabriel Buce Rahayaan selama 6 tahun dan denda 1 Milliar subsider 6 bulan kurungan penjara, sedangkan barang Bukti Truk Trailer merk Nissan dengan nopol L 8012 UR ,dan Nopol L 9125 UV dikembalikan kepada Tri Hendrawan Wahyu Abadi. Sedangkan barang bukti 2 unit Kontainer Tegu Nomer 298641-1 dan tegu nomer 2915254 dirampas negara begitu juga dengan barang bukti kayu dll di rampas negara.

Di tempat berbeda Kuasa hukum Terdakwa Djarot Widjayato SH, MH, MKN Tim mengatakan, ” Kita sebagai penasehat hukum terdakwa merasa sangat tidak bisa menerima apa yang disampaikan oleh jaksa penuntut umum dalam tuntutannya dimana sama sekali tidak ada unsur yang masuk dalam pasal yang ditetapkan,” pertama mengenai pasal kayu tersebut adalah kayu ilegal sampai dengan persidangan tidak ada yang bisa membuktikan bahwa kayu tersebut illegal hanya satu saksi saja yang menyampaikan bahwa kayu tersebut berasal dari tonggak-tonggak itu pun saksi Agung mengatakan bukan berasal dari tonggak tetapi saksi Agung menyatakan bahwa dia diperintahkan oleh penyidik untuk menentukan titik koordinat di situ pemilik lahan sama sekali tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Demikian juga tidak diperiksa di persidangan orang-orang yang memotong kayu disebut juga tidak pernah dihadirkan di persidangan lalu darimana jaksa penuntut umum bisa memutuskan atau mengambil kesimpulan bahwa kayu tersebut adalah ilegal Sebab semua bukti surat izin sipo dan lain sebagainya semuanya menunjukkan bahwa kayu-kayu tersebut dibeli dengan sah dan dari areal yang sah.

kalau berbicara logika hukum maka semuanya legal tidak ada yang ilegal kemudian kedua berkaitan dengan penetapan tersangka pasal yang diterapkan oleh jaksa penuntut umum dalam tuntutannya tidak boleh berdiri sendiri karena harus terkait dengan pasal utama di mana pemilik lahan orang yang memotong harus menjadi tersangka terlebih dahulu kalau memang mau membuktikan bahwa pasal tersebut bisa diterapkan sampai dengan ini tidak pernah ada tersangka lain.

Sedangkan pak Pujo atau terdakwa lalu dari mana bisa diterapkan pasal-pasal tersebut kamu sendiri pun selaku penasehat hukum bingung tidak mengerti dari mana pola berpikir jaksa penuntut umum sehingga berani menuntut 6 tahun penjara fakta di persidangan hanya bisa membuktikan bahwa pak Puji Emang mengganti nomor register 3 dokumen itupun dokumennya asli tetapi milik orang lain yang muncul ke permukaan lalu darimana kesalahan terdakwa bisa diterapkan menggunakan pasal-pasal yang ditunjukkan oleh jaksa penuntut umum. Sangat disayangkan Jaksa terlalu ge ga’bah memberikan tuntutan sehingga asas keadilan tidak bisa terpenuhi ketentuan hukum pidana mengharuskan pembuktian secara materiil Tetapi semuanya dikalahkan dengan logika dan prasangka dan dari jaksa penuntut umum sehingga kami akan ungkap semuanya melalui pledoi kami nantinya .” Papar penasihat hukum terdakwa Djarot widjayato SH MH MKN dan kawan-kawan.

Perlu di ketahui perkara ini terkuak lantaran terdakwa diduga melakukan tindak pidana setiap orang dilarang memuat , membongkar, mengeluarkan , mengangkat , menguasai , memiliki hasil penebangan dikawasan hutan tanpa izin . Setiap orang dilarang membeli, memasarkan , mengolah hasil hutan kayu yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah setiap orang dilarang memalsukan surat keterangan, sahnya hasil hutan kayu menggunakan surat keterangan sahnya hasil hutan untuk kayu mrnggunakan surat keterangan sahnya hasil hutan kayu yang palsu. Sehingga terdakwa di jerat pasal 83 ayat 1 huruf A jo pasal 12 huruf D dan / atau pasal 87 ayat ( 1 ) huruf B jo pasal 12 huruf L dan / atau pasal 88 ayat ( 1 ) huruf B jo pasal 14 Undang Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 Kuhp .*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua Majelis Hakim Cantik Ni Putu Purnami SH,MH di Ruang Candra...

Gugatan Keabsahan Wasiat Semakin Memanas King Finder dan Harijana Saling Lapor

Surabaya,warnakota.com  Perseteruan antara King Finder Wong dengan Harijana terkait harta...

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi (pencinta sejenis) hingga lebam, kedua terdakwa lesbi yaitu Reni Puspitasari...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...
- Advertisement -

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Must read

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you