Ekonomi Taman Safari Prigen dan Australia ZOO Bekerjasama “Breeding Loan”...

Taman Safari Prigen dan Australia ZOO Bekerjasama “Breeding Loan” Satwa Khas Australia

-

- Advertisment -

Prigen,warnakota.com

Australia Zoo serta Taman Safari Prigen mengumumkan kerjasama “Breeding Loan” bagi satwa – satwa khas Australia. Kerjasama ini sendiri terdiri dari 2 (dua) tahap yakni breeding loan untuk Wombat & Red-Necked wallaby (tahap 1) dan Koala (tahap 2). Pada tahap pertama ini disepakati dipinjamkan untuk di breedingkan dua (2) ekor wombat dan tiga (3) ekor Red-Neced Wallaby.

 

“Pada tanggal 1 Februari 2018 Taman Safari Prigen kedatangan Wombat dan Red-Necked Wallaby tersebut. Exhibit bagi kedua satwa tersebut juga sudah disediakan, yang tak kalah penting untuk karantinanya pun juga sudah disediakan dengan baik. Dalam kurun waktu satu tahun sebelum satwa tesebut tiba di Indonesia, Taman Safari Prigen telah mengirimkan beberapa orang keeper, curator hingga dokter hewan yang nantinya bertanggungjawab terhadap satwa tersebut,” ujar John Sumampau, Deputy Director Taman Safari Indonesia.

 

Sementara itu dalam pengiriman tersebut Taman Safari Prigen kedatangan dua (2) ekor Wombat yang bernama Wendy dan Wattle dan 3 ekor Red – Necked Wallaby. Wombat sendiri yang memiliki nama latin Vombatus ursinus merupakan salah satu jenis wombat yang umumnya banyak ditemukan di Australia bagian Tenggara (sering kali ditemukan di tempat yang dingin di Australia) dan sampai ke selatan Tazmania. Habitat mereka sangat bervariasi, dari hutan hujan tropis, hutan eucalyptus, perkebunan, padang rumput sampai ke tepi pantai.

 

Wombat adalah satwa penggali terbesar. Mereka memiliki tubuh yang unik (seperti berjongkok) serta memiliki lengan yang kuat. Berat badan mereka diantara 20 sampai 40 Kg dan panjang sampai dengan 1,3 m. Wombat umumnya adalah herbivor. Mereka makan rumput, buah – buahan, sayuran, herba dan ranting – ranting. Terkadang mereka juga menggali tanaman untuk diambil akarnya.

 

Wombat umumnya aktif dimalam hari hingga menjelang pagi / fajar. Mereka hidup soliter dan bertahan di teritori mereka. Galian mereka berupa tunnel yang memiliki kedalan 2 hingga 20 meter. Wombat memiliki interval kehamilan selama 2 tahun. Joey (anak wombat) lahir setelah masa kebuntingan yang singkat yakni selama 30 – 35 hari. Mereka akan keluar di kantung dan berkembang disana hingga 8 sampai 9 bulan. Anak wombat akan disapih saat usia 15 bulan dan hidup terpisah dari induk saat usia 18 bulan. Range usia mereka sekitar 10 – 15 tahun di alam liar dan 20 – 30 tahun di penangkaran / lembaga konservasi.

 

Selain wombat ada juga Red – Necked Wallaby yang juga ikut dikirim oleh Australia zoo ke Taman Safari Prigen kali ini. Wallaby yang dikirim ini ada 3 ekor. Wallaby ini memiliki perbedaan dengan wallaby yang lain yang sudah dimiliki oleh Taman Safari Prigen yakni, terdapat warna merah yang melingkar di sekitaran lehernya..*adpt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Peredaran Narkotika Antar Kabupaten Di Vonis 6 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milliar Subsider 1 Bulan Penjara

Surabaya, warnakota.comMajelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 6 tahun ,denda 1 Milliar...

Di Hadapan Komisi III, Kapolri Paparkan 15 Aplikasi Layanan Publik Semudah Pesan Pizza

Jakarta, warnakota.com Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan peluncuran 15...

Kapolri Keluarkan Telegram Berangus Premanisme, Ini 5 Hal Yang Harus Dijalankan Kapolda

Jakarta, warnakota.com -Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram...

Forkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan BaikForkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan Baik

Surabaya , warnskota.com Forkopimda Jawa Timur pastikan vaksinasi di kabupaten...
- Advertisement -

Selesai Kegiatan Semua Petugas Wajib Jalani Swab

Surabaya,warnakota.com Beragam sudut pandang masyarakat, mengenai penyekatan dan pemeriksaan swab...

Dukungan Masyarakat untuk Petugas yang Berjuang Melawan Covid-19

Surabaya,warnakota.com Ucapan selamat dan dukungan untuk TNI-Polri dan petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan, di...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you