Hukum Status Tersangka Handra Harsono Mantan Direktur PT SBC,Kandas...

Status Tersangka Handra Harsono Mantan Direktur PT SBC,Kandas Di Palu Hakim.

-

- Advertisment -

Surabaya.warnakota.com
Status tersangka Handra Harsono terkait perpajakan akhirnya  kandas di Pengadilan Arjuno.
Sidàng praperadilan menyatakan penetapan tersangka yang dilakukan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Jawa Timur I terhadap mantan Direktur PT Surabaya Baja Center (SBC) ini tidak syah.

Dalam amar putusannya, hakim tunggal Anne Rusiana menyatakan, barang bukti yang digunakan Kanwil DPJ Jatim I untuk menetapkan Handra sebagai tersangka kurang. Dengan kata lain, sesuai undang-undang barang bukti yang digunakan penyidik Kanwil DPJ Jatim I dalam kasus ini dinyatakan telah kadaluarsa.

“Menyatakan penetapan tersangka pemohon Handra Harsono sebagaimana tertuang dalam Surat Penetapan Tersangka Nomor: S-06.TAP/WPJ.11/BD.0700/2017 yang diterbitkan termohon (Kanwil DPJ Jatim I) tidak sah,” ujar hakim Anne pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya,

Dengan putusan ini, akhirnya status tersangka yang disandang Handra sejak 15 November 2017 akhirnya gugur. Kini Kanwil DPJ Jatim I tidak memiliki kewenangan lagi untuk melanjutkan penyidikan atas kasus dugaan perpajakan yang dituduhkan kepada Handra.

Sementara itu, Teguh Santoso, kuasa hukum Handra Harsono mengapresiasi putusan praperadilan hakim Anne. Menurutnya, hakim Anne telah memberikan keadilan terhadap seseorang pencari keadilian. “Pertimbangan-pertimbangan dalam putusan hakim Anne telah sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” katanya usai sidang.

Ia mengungkapkan, penyidik Kanwil DPJ Jatim I menetapkan Handra sebagai tersangka dengan alat bukti yang kurang. “Dengan kata lain bukti-bukti didapat dari hasil pemeriksaan yang telah kadaluarsa. Peristiwa dugaan pelanggaran pajak yang disidik terjadi pada 2008 sampai 2009, tapi nyatanya pencarian bukti permulaan dilakukan pada 18 Mei 2015. Padahal sesuai undang-undang yang belaku, penyidik memiliki waktu lima tahun untuk melakukan penyelidikan. Lebih dari lima tahun, maka Wajib Pajak dianggap tidak memiliki masalah,” tegas Teguh.

Namun nyatanya dengan sewenang-wenang Kanwil DPJ Jatim I tetap melakukan penyelidikan meski telah kadaluarsa. Dan anehnya dua tahun kemudian,

Perkara ini berawal  pada 15 November 2017, Handra Harsono ditetapkan sebagai tersangka kasus pajak. “Kami berharap kedepannya Kanwil DPJ Jatim melalukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan undang-undang. Hal itu dilakukan untuk menjamin kepastian hukum bagi para Wajib Pajak,” terangnya.

Saat ditanya apa langkah selanjutnya jika nanti Kanwil DPJ Jatim I kembali menetapkan Hendra sebagai tersangka, Teguh tak mempermasalahkannya. “Monggo itu hak mereka, namun perlu diperhatikan mereka harus menemukan bukti baru yang memiliki nilai.

Tidak bisa menggunakan barang bukti lama karena barang bukti ini telah kadaluarsa,” papar Teguh.

Perlu diketahui, Handra Harsono ditetapkan sebagai tersangka kasus perpajakan oleh Kanwil DPJ Jatim I pada 15 November 2017.

Tak terima, akhirnya Handra mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Surabaya. Dalam praperadilannya, Handra meminta agar hakim menyatakan penetapan dirinya sebagai tersangka tidak sah. Rhy/olln.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you