Nasional Sinergitas Pengawasan Demi Kualitas Dan Integritas Pemilukada Serentak

Sinergitas Pengawasan Demi Kualitas Dan Integritas Pemilukada Serentak

-

- Advertisment -


Lamongan ,warnakota.com
Disebutkan dalam Undang-Undang No 10 Tahun 2016 bahwa : Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kab/Kota, Panwascam, Petugas Pengawas Lapangan dan Pengawas TPS adalah pengawas penyelenggaraan pemilihan. Sejalan dengan perubahan UU tersebut pengawas pemilihan kini sudah ditempatkan sampai ke TPS-TPS. Bahkan Pengawas TPS diberikan kewenangan untuk menyelesaikan pelanggaran yang terjadi di tingkat TPS dalam pilkada 27 Juni ini. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengeliminir permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pilkada di TPS.
Adapun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota diberi kewenangan penuh untuk menyelesaikan temuan dan laporan sengketa penyelenggaraan pilkada yang tidak mengandung unsur tindak pidana, baik sengketa antara peserta pemilu dengan KPU maupun peserta pemilu dengan peserta pemilu sampai selesai. Dalam pilkada-pilkada sebelumnya kewenangan ini tidak diberikan kepada Panwaslu. Dengan adanya kewenangan tersebut maka Panwaslu harus bisa menyelesaikan pelanggaran atau sengketa yang terjadi dan tidak lagi harus diselesaikan di tingkat provinsi. Ini akan lebih memperpendek proses penyelesaian sengketa pilkada bila bisa diselesaikan di kabupaten/kota dan tidak seperti selama ini yang terjadi – semua diselesaikan di KPU dan Mahkamah Konstitusi.Tentunya ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi Panwaslu kabupaten/kota, mereka harus mampu menyelesaikan sengketa pilkada yang terjadi. Bila berkaca kepada kemampaun komisioner Panwaslu dalam pilkada serentak kali ini jelas mereka tidak semua punya pengalaman, pengetahuan dan kemampuan teknis yang merata, apalagi penguasaan lapangan dalam pengawasan. Faktanya ada sebagian dari anggota Panwaslu yang belum pernah terlibat sebagai penyelenggara pemilihan umun, baik legislatif, pilpres maupun pilkada.
Tidaklah menjadi masalah bagi Panwaslu yang baru menjadi komisioner, jika pencegahan dan pengawas pelanggaran sudah dilakukan sejak awal tahapan. Pencegahan jauh lebih penting dari pada penindakan. Bukan sebaliknya setelah ada masalah baru diambil tindakan. Bila seperti ini yang dilakukan, Panwaslu sudah pasti akan kerepotan terutama bagi anggota baru. Semakin intensif dilakukan Panwaslu pencegahan dan pengawas pelanggaran sejak awal, maka fungsi pengawasan akan lebih berhasil. Karena bila bercermin dari pelaksanaan pemilu dan pilkada sebelumnya yang sangat banyak diwarnai protes dan ketidak puasaan perserta pemilu atau calon kepala daerah bermuara dari minimnya pencegahan dan pengawasan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara sejak dari awal. Untuk itu sangat diharapkan adanya kerja sama – koordinasi dan integrasi yang baik dengan KPU di semua tingkatan dalam melakukan upaya-upaya preventif pengawasan sejak dini.
Dalam pelaksanaan pengawasan pilkada serentak ini – keberadaan pemantau independen di luar penyelenggara juga sangatl penting. Dengan adanya pemantau independen tentunya semua pelanggaran baik yang dilakukan penyelenggara dan peserta akan bisa terpantau, sekalipun mereka tidak punya kewenangan untuk melakukan penindakan dan penyelesaian sengketa. Keberadaan lembaga pemantau independen hemat saya sangat dibutuhkan untuk ikut menjaga kualitas penyelenggaraan pilkada. Sudah pasti semakin banyak lembaga pemantau independen yang terlibat,*dra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you