Hukum Sidang Praperadilan Singky Soewadji dan Polrestabes Surabaya ,...

Sidang Praperadilan Singky Soewadji dan Polrestabes Surabaya , Hakim Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Berkas

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com
Sidang Praperadilan Dengan Nomer 28 /pid. Pra / 2020 / PN .Sby  digelar di Ruang Sari Pengadilan Negeri Surabaya.

Sidang kali ini beragendakan pembacaan Gugatan Pra Per .dalam persidangan tanpa hadir Pemohon Singky Soewadji yang dikuasakan oleh M Sholeh Sh dan Termohon Polrestabes Dikuasakan oleh  Kompol Mukhamad Lutfi. SH Kasubag Hukum Dan Brigadir Satria Wisnu SH.
Sidang yang diketuai oleh Hamim Tunggal Safruddin Sh,,Mhum nenyampaikan pada pemohon untuk mempersiapkan saksi sedangkan termohon mempersiapkan jawaban, dikarenakan sidang akan di putus pada tanggal 16 Nofember 2020,, ujar Hakim Safruddin pada persidangan. Senin, ( 9 Nofemver 2020 ).

Usai persidangan kuasa hukum dari Termohon Kompol Mukhamad Lutfi menyampaikan kalau hari ini agenda persidangan yaitu pemeriksaan Adminitrasi ( kuasa ) dari pemohon dan termohon ) serta dari termohon menyiapkan Jawaban , ujar Kompol Lutfi pada wartawan.
Sementara kuasa Hukum dari Pemohon Singky  yaitu M Sholeh Sh pada wartawan menyampaikan , sidang kali ini pembacaan gugatan  dan kita pada tetap pada gugatan , tidak ada perubahan dan tidak ada pencabutan , dikembalikan pada pihak termohon ,  masalah kecewa dan tidak itu bukan kapasitas kita , tetapi kalau besok sudah diagendakan tetapi pihak termohon belum siap atau tidak Konsisten yaitu baru kita kecewa. 
Yang kita harapkan yaitu esensi pada sidang hari Rabu karena kita menghadirkan saksi ahli dari Ahli Pidana Dan Ahli Koservasi yang dia bisa menceritakan SP3 yang Dikeluarkan oleh Polrestabes itu cacat hukum atau tidak , ujar Sholeh pada wartawan .

Perlu di ketahui Sidang Praper ini dilimpahkan lantaran Terkait  Kasus Penjarahan 420 Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) tetap berlanjut.

Dengan di terbitkannya SP3, pihak Ketum Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah yang juga pengelolah Taman Hewan Siantar dan Sekjen PKBSI Toni Sumampau mantan Ketua Tim Pengelolah Sementara (TPS) KBS yang juga pemilik/direktur Taman Safari Indonesia (TSI) melaporkan saya dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini ke Polda Jatim dengan tuduhan pencemaran nama baik.


2. Putusan PN Surabaya dan Mahkamah Agung (MA), saya dinyatakan Bebas Murni.
Bunyinya :Menyatakan terdakwa Singky Soewadji tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melalukan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik, sebagaimana yang di dakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum, baik dakwaan ke satu dan dakwaan ke dua Primier maupun Subsidier.
Membebaskan terdakwa oleh karenanya dan seluruh dakwaan tersebut.


Mengembalikan nama baik dan memulihkan hak-hak terdakwa dalam kedudukan harkat dan martabatnya.


3. Pertimbangan putusan Bebas Murni yang tertuang dalam penetapan adalah :
Bahwa dalam enam perjanjian pemindahan satwa KBS ditemukan fakta bahwa bertentangan dengan undang-undang, diantaranya :
Satwa ditukar dengan uang, mobil, motor, memugar museum dan membangun kandang.
Pada saat di buat perjanjian tersebut ijin Lembaga Konservasi (LK) KBS telah di cabut.
Satwa Appendix I diantaranya Komodo dan Orangutan tidak ada ijin presiden.


Dari putusan PN dan MA ini maka secara sah telah diakui secara hukum bahwa dalam kasus enam perjanjian tersebut telah terbukti bersalah dan melanggar undang-undang, maka sudah selayaknya gugatan Pra Peradilan di kabulkan dan Polisi harus mencabut SP3 dan membuka kembali kasus Penjarahan 420 satwa KBS, dan menetapkan para tersangka.
Dalam perkara ini, pihak polrestabes diduga mengesampingkan atau dugaan tidak tunduk dan patuh pada pasal 34  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 8 tahun 1999  tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan Dan Satwa Liar diantaranya ;Tumbuhan liar jenis Raflesia dan Satwa Liar jenis: Anoa, Babi Rusa, Badak Jawa, Badak Sumatera, Biawak Komodo, Cendrawasih, Elang Jawa, Elang Garuda, Harimau Sumatera, Lutung Mentawai, Orang Utan, Owa Jawa.Hanya dapat dipertukarkan atas persetujuan Presiden.*Rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi (pencinta sejenis) hingga lebam, kedua terdakwa lesbi yaitu Reni Puspitasari...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...
- Advertisement -

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Must read

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you