Hukum Sidang PK Mantan Oknum DPRD Bangkalan Beragenda Pembuktian

Sidang PK Mantan Oknum DPRD Bangkalan Beragenda Pembuktian

-

- Advertisment -

Surabaya,Warnakota.com

 

Sidang Peninjauan Perkara Kembali terkait Putusan Mahkamah Agung dimana Terpidana Kasmu Mantan DPRD Bangkalan tak terima dengan Putusan MA.  Yang digelar diPengadilan Negeri Surabaya. Kamis ,6 September 2018.

 

Sidang kali ini yang dipimpin  Ketua Majelis Sigit Sutriono SH,Mhum  dengan kedua anggotanya Pesta Partogi SH,Mhum dan Hariyanto SH,Mhum .

 

Sidang kali ini beragendakan kesimpulan sayangnya dalam persidangan masing masing dari Pihak Kuasa Hukum Jamaludin SH tim dan Jaksa Penuntut Umim Winarko dari Kejaksaan Tinggi belum siap dengan kesimpulannya mereka hanya mengumpulkan bukti bukti.

 

 

Akhirnya Hakim Sigit , Memberikan kesempatan waktu Minggu depan dimana kesimpulan dari kedua bela pihak harus selesai,tutur Hakim Sigit Di fakta persidangan.

 

Dalam fakta persidangan tanpa terpidana Kasmu Di hadirkan denga kedua anggota dari Lapas Porong yang sudah tiba pada pukul 12 ; 00 wib.

 

 

Selesai Sidang terpidana Kasmu saat di wawancarai oleh awak media hanya bisa menjawab kalau konfirmasi di kuasa hukum saya saja ,cetus Kasmu kepada wartawan.

 

 

 

Sayangnya Pihak kuasa hukum Kasmu sangat alergi pada wartawan,hanya bisa menjawa saya musyawarakan dulu,Cetus salah satu tim kuasa hukum .

 

Beda dengan Jaksa Penuntut Umum dari Kejati yaitu Winarko , ketika dikonfirmasi wartawan hanya bisa menjawab ,karena kesimpulan kita belum lengkap cuma oleh ketua majelis hakim di beri kesempatan waktu minggu depan.

 

Kalau jaksa menolak dengan PK nya Kasmu tetapi Hakim tidak boleh menolak PK tetap di sidangkan masalah PK ini kita tetap pasrakan pada keputusan hakim ,jelas Winarko pada wartawan.

 

 

 

Perlu di ketahui Di Kasasi Mahkamah Agung  dengan Putusan Kasasi yang  pada tanggal 5 Oktober 2017 dengan nomor 2645/Pid.SUS /2016 yang isinya :

 

Mengadili ,Mengabulkan Permohonan Kasasi dan Pemohon Kasasi ,Penuntut Umum Pada Kejaksaan Negeri Surabaya  Nomor :2117 /Pid .B / 2015 /PN .SBY.

 

Mengadili Sendiri ;Menyatakan terdakwa Kasmu telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Melakukan Membujuk anak untuk melakukan perbuatan cabul’ Menjatuhkan pidana,terhadap terdakwa selama 7 (Tujuh )Tahun dan  6(Enam)bulan dengan denda Rp 100.000.000; (Seratus Juta Rupiah )Jika denda tersebut tidak di bayar maka diganti 6 (Enam ) bulan kurungan penjara.

 

 

 

Menurut Jaksa Penuntut Umum Rahcmad Hary Basuki SH dan Winarko SH saat di temui awak media menerangkan ,Sidang Peninjauan Perkara Kembali

 

Menurut Jaksa Penuntut Umum Rachmad Hari Basuki SH,Mengatakan kasmu akan

Mengajuhkan Novum Baru yaitu Saksi Rahmad Hidayat Warga Kedung Cowek Surabaya dan saksi Maryati /siti selaku (mertuwa Kasmu )

 

 

Bagi saya itu adalah hak nya dari terpidana.dimana mencari Keadilan tidak hanya di putus Di persidangan pengadilan Arjuno Surabaya ,dimana putusan bebas yang dibacakan oleh Hakim Musa Nuraini SH.MHum .

 

Sedangkan Jaksa Penuntut Umum Kasasi.hasil Kasasi Di Putus 7 tahun 6 Bulan,akhirnya jaksa menetapkan surat Eksekusi Penahanan Kasmu  ,yang Penting kita menghormati Hukum ,Jelas JPU Kejati.

Kronologi Penagkapan

Terdakwa Kasmu, ditangkap Tim Cobra Subdit Jatanran Polda Jatim di hotel Oval Surabaya, saat sedang berduaan di dalam kamar hotel bersama seorang perempuan berinisial LCD, yang masih di bawah umur.

 

Penalaran Peninjauan Kembali (PK) Perkara Pidana

 

Mahkamah Agung (MA) menyatakan upaya kasasi dari para terdakwa meyatakan keberatan dengan vonis kasasi dari MA dan akan mengajukan Peninjauan membahas tentang alasan Peninjauan Kembali dalam perkara pidana.

 

Peninjauan Kembali (PK) yang dalam Bahasa Belanda dikenal dengan istilah Herziening adalah suatu upaya hukum luar biasa dalam hukum pidana, terhadap suatu putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht van gewjisde). Hal ini sesuai dengan ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 263 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang pada intinya menyebutkan bahwa PK dapat diajukan terhadap semua putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum.

tetap. PK diajukan kepada Mahkamah Agung.

 

PK tidak dapat diajukan apabila putusan pengadilan tersebut menyatakan terdakwa bebas (vrijspraak) dan lepas dari segala tuntutan hukum (onslag rechts vervolging). Dasar pertimbangannya adalah upaya hukum luar biasa PK adalah semata-mata untuk kepentingan terpidana untuk membela hak-haknya agar terpidana tersebut terlepas dari kekeliruan pemidanaan yang dijatuhkan kepadanya.

 

Syarat dapat diajukannya PK adalah adanya keadaan atau bukti baru (novum). Keadaan atau bukti baru yang menjadi landasan diajukannya PK tersebut adalah yang mempunyai sifat dan kualitas “menimbulkan dugaan kuat”, yang diartikan:

 

1. Jika seandainya keadaan baru itu diketahui atau ditemukan dan dikemukakan pada waktu sidang berlangsung, dapat menjadi faktor dan alasan untuk menjatuhkan putusan bebas atau putusan lepas dari segala tuntutan hukum;

 

2. Keadaan baru itu jika ditemukan dan diketahui pada waktu sidang berlangsung, dapat menjadi alasan dan faktor untuk menjatuhkan putusan yang menyatakan tuntutan penuntut umum tidak dapat diterima;

 

3. Dapat dijadikan alasan dan faktor untuk menjatuhkan putusan dengan menerapkan ketentuan pidana yang lebih ringan.

 

Permohonan PK diajukan berdasarkan alasan-alasan yang terdiri Permohonan PK diajukan berdasarkan alasan-alasan yang terdiri :

 

a. Putusan memperlihatkan kekhilafan atau kekeliruan yang mencolok;

 

b. Dalam putusan terdapat keterangan-keterangan yang ternyata satu sama lain saling bertentangan;

 

c. Apabila terdapat keadaan baru, yang apabila diketahui pada saat sidang berlangsung.*rhy

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you