Hukum Sidang Penipuan Oper Kontrak Lahan 20 M

Sidang Penipuan Oper Kontrak Lahan 20 M

-

- Advertisment -

Menampilkan IMG_0566.JPGMenampilkan IMG_0544.JPG

Surabaya (warnakota.com)

Sidang terkait Perkara penipuan oper kontrak sewa lahan TNI AL senilai Rp 20 miliar yang menjerat terdakwa Setyo Hartono komisaris PT Senopati Samudra Perkasa kembali  digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

 

Sidang kali ini Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Menghadirkan Ke 6 saksi.Namun dari 6 saksi ini  hanya beberapa saksi yang bisa d mintai keterangan menngat waktu sudah sore,

Salah satu saksi dari Direktur Utama  PT TEMAS Suharto Khusumo (68),

 

Di depan persidangan  saksi Suharto, menjelaskan perkara ini berawal dari peristiwa oper kontrak lahan TNI AL antara pihaknya PT TEMAS dengan PT Senopati Samudra Perkasa selama 27 tahun, senilai Rp 20 miliar tersebut terjadi sekitar bulan Pebruari 2013.

 

“Harganya Rp 1 juta per meter, oper sewa lahan itu disepakati selama 27 tahun karena itu masa sisa pakai hak pakai terdakwa Setyo Hartono atas lahan milik TNI AL,” ungkapnya.

Saat itu kata Suharto dirinya tak langsung percaya. Dia masih melakukan konfirmasi dengan tim legal perusahaannya dan langsung melakukan peninjauan langsung atas lahan yang berlokasi di Jalan Kalianak Pesapen tersebut. Setelah merasa cocok, transaksi pembayaran pun dilakukan secara bertahap, sesuai permintaan terdakwa.

 

“Namun, setelah lahan itu dibayar lunas dan akan diuruk untuk pembangunan depo kontainer, ternyata dihambat oleh pihak TNI AL. Belakangan diketahui jika sewa Setyo Hartono atas tanah tersebut ternyata sudah dihentikan pihak TNI AL sejak 2011 silam,” ungkap Suharto Khusomo.

 

Kepada majelis hakim yang diketuai Mangapul Girsang SH MH, saksi Suharto Khusumo juga menjelaskan jika kesepakatan oper kontrak antara dirinya dengan terdakwa hanya didasarkan atas dasar kepercayaan saja, mengingat antara saksi dan terdakwa dahulu pernah satu sekolah yakni di kawasan jalan Baliwerti, Surabaya.

 

“Selain kepercayaan, terdakwa juga menjamin kalau ada masalah dia akan bertanggung jawab dan uang akan dikembalikan,” jelas saksi Suharto Khusumo.

 

Terpisah, usai persidangan Albert Simamora tetap menolak jika kliennya PT TEMAS kecolongan atas oper kontrak lahan tersebut, sebab TNI AL sebelumnya pernah mengeluarkan larangan sewa lahan sejak tahun 2011 silam.

 

“Tidak kecolongan, justru tindakan itu semakin memperjelas perbuatan pidana yang sudah dilakukan terdakwa,” tegas Albert yang menjabat sebagai tim hukum PT TEMAS.

 

Setyo Hartono berurusan dengan hukum setelah dilaporkan Albert Simamora selaku kuasa Harto Khusumo, Direktur Utama PT TEMAS. Setyo dilaporkan atas tuduhan penipuan dan penggelapan uang pengoperan hak sewa lahan milik TNI AL sebesar Rp 20 miliar.

 

Tipu-tipu Setyo berawal dari terjadinya kesepakatan . TEMAS yang diwakili Albert Simamora akan menyewa lahan TNI Angkatan Laut di Jl. Kalianak Pesapen dari PT. Senopati Samudra Perkasa yang diwakili Yap Linchon Salim (berkas terpisah). Dengan dibantu Setyo Hartono, Yap Linchon akhirnya berhasil mengoperkan hak sewa lahan itu kepada Harto Khusumo dengan kompensasi pembayaran sebesar Rp 20 miliar.

 

Singkat cerita, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.06/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 4 September 2007, maka lahan tersebut ditarik akan digunakan untuk mendukung Tupoksi TNI AL.

 

Karena tidak bisa lagi menggunakan lahan tersebut sesuai perjanjian, maka Harto Khusumo meminta pengembalian uang yang telah diberikannya, namun Setyo tidak mau mengembalikannya karena uang tersebut telah dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Akibat perbuatannya, Setyo Hartono dijerat dengan pasal 374 dan 378 KUHP. *TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Rumah Janda Dilalap Si Jago Merah

Surabaya,warnakota.comPeristiwa kebakaran terjadi di Jalan Dukuh Mbulak Banteng Sekolahan RT 03, RW 01 , pukul 21 :10...
- Advertisement -

Terdakwa David Memohon Untuk Dihadirkan Ke Persidangan

Surabaya ,warnakota.comSidang perkara Penipuan dan atau Penggelapan yang mendudukan terdakwa David Handoko, kembali...

Ahli Waris Kamiso Akhirnya Bernafas Lega Dari Belenggu Mafia Tanah

Surabaya,warnakota.comSelama Puluhan tahun berjuang menjadi korban Mafia tanah Aprilia...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you