Hukum Sidang Kakak Beradik Semakin Panas , Sayàngnya ada Kejanggalan...

Sidang Kakak Beradik Semakin Panas , Sayàngnya ada Kejanggalan Dengan Keterangan Saksi

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com

Sidang  perkara pencemaran nama baik dan penghinaan di depan umum dengan terdakwa Ir Moeljono Sudarmaji, digelar di ruang sidang Tirta 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

 

Pada sidang  ini, jaksa penuntut umum M Darwis menghadirkan Tiga saksi di antaranya Hartono selaku korban ,pak Basir dan Pak Suwito  staf Rw.

Dalam persidangan .Saksi Korban Hartono selaku kakak kandung tak terima dengan di katakan Maling di tempat umum pada saat musyawarah penutupan warnet milik adiknya pada tanggal 10 September 2016 .sedangka yang satunya di katakan Maling tetapi di expos salah satu Media Cetak.

Menurut keterangannya,pada saat rapat di balai RW tiba tiba terdakwa datang dan tidak setuju dengan penutupan warnet, sontak ketika itu tetdakwa mengatakan ” Kamu anak Durhaka …Maling Hartanya Bapak”

Saya di laporkan oleh terdakwa di putus oleh pengadilan Negeri Surabaya ,saya di putus 6 bulan percobaan dan saya banding dari MA saya di putus bebas.

Terkait uang Rp 3,5 Milyard memang itu uang dari hasil penjualan rumah orang tua,yang di beri mandat uang tersebut di gunahkan untuk Keluarga dan kebutuhan orang tua misalkan pengobatan ,membayar pembantu dll,memang pada saat itu terdakwa  Mulyono tidak saya beri uang yang Rp 3,5 M hasil jual rumah orang tua .

Pernah di musyawarhkan dengan keluarga tetapi terdakwa tidak mau membantu biaya pengobatan bapak saya,akhirnya kita putusan pakai uang penjualan rumah bapak saya dan itu di setujui oleh terdakwa,jelas Hartono di persidangan.

Sedangkan Saksi Basir menjelaskan memang saya mendengarkan kata kata “Maling uang bapak saya “karena pada saat itu kita lagi ada musyawarah untuk mendamaikan di balai RW karena di Balai Rw itu cuma pengurus staf RW dan terdakwa serta korban.

Namun perdamaian batal karena dari terdakwa mengatakan “Gak dulur duluran”maksud saksi masa satu saudara kok bertengkar gak rukun,jelasnya di persidangan.

Sedangkan saksi Suwito .walaupun ada musyawarah di Balai Rw tetapi saksi tidak mendengar kata kata” Maling ” Karena menurut saksi kalau masalah urusan keluarga saya tidak ikut campur dan “No Coment”

Rupanya keterangan Suwito tidak persis dengan keterangan BAP ,menurut Suwito pada saat itu saya di BAP dalam keadaan sakit dan tidak mengatakan apapun cuma penyidiknya omongannya Basir saya di suruh Basir bilang aja iya .yah sudah saya nuruti Basir karena penyidiknya pun nyontoh omongannya Basir,Saya tidak bohong pak berani bersumpah ,jelas saksi di persidangan.

Dengan kejanggaln keterangan Suwito Hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum untuk memanggil penyidik yang akan di kongflotir terhadap keterangan saksi Suwito.

 

 

Sesuai berkas perkara No 356/Pid.B/2018/PN SBY terdakwa Ir. Moeljono Soedarmadji Bin Soedarmadji, pada hari Sabtu tanggal 10 September 2016 sekitar pukul 14.00 Wib bertempat di Balai RW 5 Jalan Rangkah Gg 2 Surabaya, sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui oleh umum, sesuai pasal 310 ayat (1) KUHPidana.

 

Kejadian berawal saat saksi Hartono Soedarmadji mendatangi Balai RW 5 untuk berkoordinasi dalam rangka menutup warnet yang dikelola oleh terdakwa, karena warnet tersebut menggangu warga sekitar karena  kerap terjadi keributan dan juga dipergunakan oleh anak-anak muda untuk minum-minuman keras.

 

Disaksikan Suwito pengurus RW 5 dan Mubasir warga Rangkah serta Dheni Anugrah Puji anggota Binmas Polsek Tambaksari, terdakwa melontarkan kalimat yang ditujukan kepada saksi korban yang berbunyi ‘Kamu maling uang bapak saya Rp 3,5 milyar dan kamu anak durhaka’ dan berita di surat kabar Memorandum pencemaran tertulis pada halaman 3, terbitan pada tanggal 27 Januari 2015.

 

Jaksa beranggapan perbuatan terdakwa yang telah menuduh saksi korban melakukan perbuatan seperti yang terdakwa ucapkan tersebut dilakukan terdakwa dengan maksud agar diketahui oleh khalayak umum atau orang banyak, sehingga khalayak umum mengetahui apa yang dituduhkan oleh terdakwa kepada saksi korban seuai pasal pasal 311 KUHPidana. *rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you