Hukum Sidang Gugatan Perdata Perkara Sertipikat Tumpang Tindih

Sidang Gugatan Perdata Perkara Sertipikat Tumpang Tindih

-

- Advertisment -

 

Surabaya, warnakota

Sidang perkara gugatan perdata melawan hukum dengan nomer perkara 816/Pdt.G/2019/PN Sby. Dimana PT.Sanggar Asri Santosa sebagai Pengugat melawan para Tergugat masing masing ahli waris 1,Ferry Setiawan Hutomo,2 Corinawati Hutomo,3 Merciawati Hutomo.sedangkan Para turut tergugat diantaranya 1.RACHMAD SOETOMO, 2.HENDRO TJANDRA, 3.SARTINI TJANDRA, 4 .SOEPARDI TJANDRA, 5 .WILLIAM JOSEPH, 6. KOESNARTO, 7 .Kantor Badan Pertanahan Kotamadya Surabaya I.

Dalam fakta persidangan yang digelar di R Sari Dua dengan Ketua Majelis Hakim  Maxi Sigarlaki SH ,MH yang di hadiri para Pengugat,tergugat dan turut tergugat.

Sidang yang berjalan kurang lebih 2 jam ini yang beragendakan keterangan saksi yang dihadirkan oleh Tergugat diantaranya Klemens dan Aslikan selaku Biro jasa pengurusan Surat.

Menurut keterangan saksi Lemon dalam keterangannya di persidangan mengatakan, ” bahwa saya disuruh Gunadi Hutomo (almarhum) untuk mencari orang agar merawat tanah. Saat di lokasi saksi diusir oleh satpam kemudian dilaporkan ke Andreas.

Hal lainnya, saksi pernah melihat sertifikat tanah atas nama Gunadi Hutomo dan pernah tahu sertifikat tanah hilang serta lapor ke polisi lalu diajukan duplikat sertifikat ke PTUN. 

Masih menurutnya, setelah ajukan ke PTUN sempat ada pengukuran dan ada hambatan sedikit karena pihak PT.SAS keberatan serta setelah pengukuran saksi belum pernah melihat terbitnya sertifikat duplikat dari BPN.

Saksi juga tidak ketahui awal perolehan sertifikat maupun apakah sertifikat digadaikan.” Tuturnya dipersidangan.

Beda dengan saksi Aslikan dalam persidangan mengatakan mengatakan, dipanggil ke persidangan gegara PT.SAS (penggugat) dan para tergugat terkait, sertifikat 1153 yang terletak di Dukuh Karangan Babatan Surabaya.

Saksi selaku, biro jasa sampaikan, Gunadi Hutomo membeli dari sertifikat atas nama Gidin berdasarkan Akta Jual Beli (AJB) melalui notaris Zuraidah.

Ia menambahkan, Setelah sertifikat keluar, ia melihat sertifikat dan di tahun 2015 sertifikat hilang lalu lapor ke polisi untuk dimohonkan sertifikat kembali. 

Masih menurutnya, tanah dibeli dari Gidin dalam bentuk sertifikat karena saksi melihat sertifikat dalam bentuk poto copy sebab sertifikat hilang maka diajukan sertifikat kembali saat jual-beli  pada tahun 1987 sertifikat asli sedangkan, sertifikat hilang 2015.

Proses penerbitan sertifikat kembali hanya disumpah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) lalu, di iklankan di surat kabar Surabaya Post. Sayangnya, Penasehat Hukum para tergugat hanya miliki bukti lapor kehilangan sertifikat.

Ia mengaku, pada tahun 2014 pernah diutus mengurus salinan AJB untuk menindak lanjuti sertifikat yang hilang pada tahun 2015.” ucapnya dipersidangan.

mengatakan, dipanggil ke persidangan gegara PT.SAS (penggugat) dan para tergugat terkait, sertifikat 1153 yang terletak di Dukuh Karangan Babatan Surabaya.

Saksi selaku, biro jasa menyampaikan, bahwa Gunadi Hutomo membeli dari sertifikat atas nama Gidin berdasarkan Akta Jual Beli (AJB) melalui notaris Zuraidah.

Ia menambahkan, Setelah sertifikat keluar, ia melihat sertifikat dan di tahun 2015 sertifikat hilang lalu lapor ke polisi untuk dimohonkan sertifikat kembali. 

Masih menurutnya, tanah dibeli dari Gidin dalam bentuk sertifikat karena saksi melihat sertifikat dalam bentuk poto copy sebab sertifikat hilang maka diajukan sertifikat kembali saat jual-beli  pada tahun 1987 sertifikat asli sedangkan, sertifikat hilang 2015.

Proses penerbitan sertifikat kembali hanya disumpah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) lalu, di iklankan di surat kabar Surabaya Post. Sayangnya, Penasehat Hukum para tergugat hanya miliki bukti lapor kehilangan sertifikat.

Ia mengaku, pada tahun 2014 pernah diutus mengurus salinan AJB untuk menindak lanjuti sertifikat yang hilang pada tahun 2015.

Andi selaku, Penasehat Hukum penggugat,  tersenyum sembari ingin mengulang  keterangan yang disampaikan saksi. Menyadari bahwa keterangan yang disampaikan adalah hal yang mustahil sehingga saksi hanya berkelit, 

” Setahu saya hilang sertifikat tahun 2015 dari laporan Gunadi Hutomo,” cetusnya.

Saksi juga membeberkan, ” pihak BPN hingga sekarang belum menerbitkan sertifikat duplikat dengan alasan ada pihak PT. SAS keberatan, ” imbuhnya.

Usai sidang  Andi selaku, Penasehat Hukum penggugat, kepada wartawan mengatakan, pada tahun 2014 untuk apa sih! saksi mengurus salinan AJB?, ya untuk mengurus kehilangan agar diterbitkan sertifikat duplikat.

” kapan hilangnya sertifikat? tahun 2015 sembari tertawa terbahak-bahak kemudian disambung dengan ini semakin tidak jelas,” ujarnya.

Ia memaparkan, sertifikat yang dimohonkan duplikat itu diatas tanah seluas 4463 m2 muncul sekitar 8 hingga 9 sertifikat di atas tanah yang sama.

” Sertifikat 1153 terbit bukan dasar petok seperti yang diajukan tergugat karena pada tahun 1973 itu sudah ditarik kemudian secara tiba-tiba muncul sertifikat berdasarkan petok itu ,” jelasnya.   

Seperti diketahui, Perkara sengketa tanah yang digugat pihak PT Sanggar Asri Sentosa pada tanah seluas 2700 m2 yang sebagian dipagari dalam perumahan, Dan berdiri 8 (Delapan) bangunan rumah serta memiliki surat rumah.

Selanjutnya, Oleh pihak yang mengaku pemilik awal yakni Gunardi Hutomo sempat mengajukan permohonan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), dan Gunardi dimenangkan, Namun puhak kantor Badan Pertanahan Nasional 1 (BPN 1) kota surabaya belum menerbitkan sertipikat pengganti yang hilang.
Namun bpn diduga juga dapat menerbitkan sertipikat atas pemohon lain, dan Di peroleh informasi sesuai data yang diterima SKNTeropong.com permasalahan muncul jika pihak mantan lurah Gatot Kasijanto Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung kota surabaya, mengeluarkan 2 (Dua) surat keterangan pemilikan tanah, sehingga dugaan terjadi tumpang tindihnya sertipikat di kantor BPN. *rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara Advokat Belly V.S. Daniel Karamoy, dan kliennya Thie Butje Sutedja

Surabaya .warnakota.com Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara  pengacara (advokat) Belly V.S. Daniel Karamoy, S.H., M.H.,...

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...
- Advertisement -

Merasa Dicemarkan. Masbuhin Umumkan Tantangan Pada Pieter Talaway

Surabaya.warnakota.com Mantan kuasa hukum konsumen Sipoa Masbuhin menduga adanya pihak-pihak yang sengaja menyerang dan...

Advokat Masbuhin Ajukan Banding Atas Sangsi Pemberhentian Setahun dari DKD Peradi Jatim

Surabaya.warnakota.comDewan Kehormatan Daerah (DKD) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jawa Timur menjatuhkan sangsi pemberhentian sementara 12 bulan dan...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you