Umum Putusan Gugatan Perdata Membuat Methivani Bernafas Lega

Putusan Gugatan Perdata Membuat Methivani Bernafas Lega

-

- Advertisment -

Surabaya, warnakota.com

Sidang Gugatan Perdata nomor perkara 270 / Pdt.G/2020 / PN.Sby, kembali di gelar di Pengadilan Surabaya.
Sidang kali ini beragendakan Pembacaan Putusan yang Dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Johanis Hehamony SH,MH  dengan Kedua Anggoranya yaitu  Martin Ginting Sh,Mhum dan Ni Made Purnami Sh,Mhum.

Dalam  fakta persidangan kuasa hukum Pengugat  dari Methivani Tanudjaja dan Kuasa hukum Tergugat 1 dari Suryabudi dan kuasa hukum dari  tergugat 2 yaitu Kimi Hariono Angkanata mereka menghadiri persidangan,  sayangnya kuasa  hukum turut tergugat dari  Pemerintah Kota Surabaya  Cq Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang tidak menghadiri sidang.

Melalui pertimbangan pertimbangan  hakim johanis membacakan terkait  Putusannya, Mengadili Dalam Konvensi Dalam Provisi Menolak tuntutan provisi Penggugat seluruhnya.
Dalam Eksepsi Menolak eksepsi Tergugat I dan Il seluruhnya;
Dalam Pokok Perkara 1. Menerima dan mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian.
2. Menyatakan Tergugat telah melakukan perbuatan Melawan Hukum.3. Menghukum Tergugat untuk membayar kerugian kepada Penggugat secaratunai, seketika dan sekaligus yaitu kerugian materiil pembangunan rumah Luas
Rp Bangunan * Harga Pembangunan/ m2 300 m2 x Rp 4.000.000,-/ m21.200.000.000(Satu Miliar Dua Ratus juta Rupiah)4. Menolak gugatan selain dan selebihnya.
Dalam Rekonvensi Menolak gugatan rekonvensi Penggugat Rekonvensi I dan II tersebut.Dalam Konvensi Dan Rekonvensi Menghukum Tergugat 1 Konvensi/ Penggugat | Rekonvensi dan Tergugat IIKonvensil Penggugat Rekonvensi Il membayar biaya perkara yang ditetapkansebesar Rp. 1.511. Ujar Hakim Yohanis Sh,Mh pada persidangan.

Usai persidangan Kuasa Hukum Dari Tergugat 1 yaitu Steven Mandraguna Mengatakan bahwa Putusan tersebut tidak semua dikabulkan kecuali untuk pembayaran kerugian pada Pengugat secara tunai , dan kerugian Materil untuk itu Langka kita Banding , menurut kami putusan tersebut tidak sesuai dengan kami , tetapi kami tetap menghormti putusan pengadilan . Ujar Steven .

Sementara menurut kuasa hukum dari Pengugat Adi Cipta Nugraha Sh,Mh dari ACN LAW OFFiCE yang beralamat Jalan ngagel no 59 Surabaya. menyampaikan bahwa putusan hakim sangatlah melegahkan dari pihak kami, dan bagi tergugat harus menerima dengan lapang dada atas putusan hakim,  langka selanjutnya  kita tinggal menunggu dari tergugat dan turut tergugat apakah banding atau tidak.
Jika tergugat dan Pengugat Banding kita tinggal membuat Kontrak memori bandingnya.
Sementara  menurut Methivani Tanudjaja sebagai Pengugat sangat Senang dan bersyukur pada tuhan yang selama 4 tahun saya  mencari keadilan hukum dan keadilan tuhan. Ujarnya
Perlu diketahui Perkara ini bergulir dipengadilan Surabaya, Lantaran   tergugat  membangun rumah dengan cara menggali fondasi, namun rumah disebelahnya rusak  berat karena  rumah sebelah lantai nya turun/ longsor, sehingga  pemilik sah atas rumah yang berlamat di Jl.Bhaskara Sari No. 64, Surabaya, Kec. Sukolilo, Kel. Kalisari dengan luas sebesar 300 m2 (tiga ratusmeter persegi) berdasarkan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 1265 dengan luas bangunan sebesar 170 m2.  Rusak.

Sedangkan Tergugat I adalah pemilik sah atas rumah yang beralamat di JI. Bhaskara Sari No. 66, Surabaya, berdasarkan surat izin mendirikan bangunan (IMB) nomor188.4/6744-92/436.7.5/2017Surabaya .
Dalam hal ini Tergugat 1 dan Tergugat 1 untuk membongkar dan membangun
kembali rumah yang secara keseluruhan dikerjakan oleh Tergugat  II dengan sepengetahuan Tergugat I,  pada tanggal 22 September 2017 membongkar bangunan yang berada di Jl. Bhaskara Sari No. 66, Surabaya tanpa memberitahu kepada Pengugat .


Setelah pembongkaran yang dilakukan Tergugat II telah selesai, mandor dan pemborong Tergugat II sebelum memmulai pembangunan telah melihat kondisi rumah Pengugat yang masih dalam keadaan sangat baik serta berdiri kokoh tanpa ada bagian yang retak sama sekali.


seiring berjalannya waktu akibat dari pembangunan yang dilakukan  Tergugat I, rumah Pengugat terkena dampak yaitu mengakibatkan rumah milik Pengugat menjadi retak dan rusak yang lama kelamaan menjadi lebih parah.

Dalam hal ini Perbuatan Melawan Hukum sesuai Pasal 1365 KUH Perdata yangmenentukan sebagai berikut:Tiap-tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian pada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggganti kerugian tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, maka unsur-unsur Pasal 1365 KUH Perdata dapat diuraikan sebagai berikut: 

1) Ada Perbuatan Melawan Hukum; 2) Ada Kesalahan; 3) Ada Hubungan Sebab Akibat Antara Kerugian dan Perbuatan; 4) Ada Kerugian.5). Bahwa, terdapat pelanggaran dalam aturan pembangunan tersebut pada melanggar Pasal 47 ke-1 dan ke-2 huruf a jo. Pasal 35 ke-1 UU No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua Majelis Hakim Cantik Ni Putu Purnami SH,MH di Ruang Candra...

Gugatan Keabsahan Wasiat Semakin Memanas King Finder dan Harijana Saling Lapor

Surabaya,warnakota.com  Perseteruan antara King Finder Wong dengan Harijana terkait harta...

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi (pencinta sejenis) hingga lebam, kedua terdakwa lesbi yaitu Reni Puspitasari...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...
- Advertisement -

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Must read

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you