Hukum PT Surya Bumimegah Sejahtera Tak Punya Nyali, Untuk Hadiri...

PT Surya Bumimegah Sejahtera Tak Punya Nyali, Untuk Hadiri Sidang.

-

- Advertisment -

Menampilkan M2U00369.MPG_snapshot_00.05_[2016.12.01_06.55.00].jpg

Surabaya,(Warnakota.com).

Rupahnya  PT Surya Bumimegah Sejahtera (SBS)Takut atau tak punya nyali untuk menghadiri Sidang Perdana perkara perdata.

Sidang Perdana Perkara  Perdata yang Penggugatnya  Kolonel Laut Birawa  dan Tergugat  PT Surya Bumimegah Sejahtera (SBS),serta Turut Tergugat WaliKota Surabaya,Turut Tergugat Gubenur Propinsi Jawa Timur serta Turut Tergugat Menteri Pekerjan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

 

Sidang  yang di gelar di Ruang Sari Penggadilan Negeri Surabaya ,Rupanya hanya Di hadiri oleh Penggugat nya saja yaitu Kolonel Birawa .

 

Sidang yang berjalan 10 menit ini ,  Yang Ketua Majelisnya  Yaitu  Hakim Dedy Arsandi menjelaskan “,Lantaran Pihak dari Tergugat PT,Surya Bumimegah Sejahtera dan Turut Tergugat WaliKota Surabaya,Turut Tergugat Gubenur Propinsi Jawa Timur serta Turut Tergugat Menteri Pekerjan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.Tidak Hadir.

 

“Dikarenakan pihak tergugat tidak datang, maka sidang kami tunda hingga tanggal 8 Februari, dan memerintahkan Penitera untuk pemanggilan kedua dengan surat tembusan ke Makamah Agung Jakarta”, Jelas  Hakim Dedi.

 

Selesai Sidang saat Di Konfirmasi  Mochammad Said Utomo selaku Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur mengatakan”, Saya   sangat kecewa atas ketidak hadiran PT. SBS. “Baru kali ini saya melakukan gugatan untuk Perlindungan Konsumen, pihak para tergugat tidak hadir dan ini baru pengalaman pertama kali,”Jelas Said kepada wartawan.

 

Dalam kasus ini, pihak YLPK juga menggugat, Wali Kota Surabaya, Gubernur Provinsi Jatim dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat RI. Namun para pihak tidak hadir dalam sidang,

“Saya khawatir bahwa ini memang ada satu kolaborasi untuk tidak hadir. Kalau emang ini benar, saya sangat kecewa. Kami. dari sisi Perlindungan Konsumen, tidak di perhatikan oleh pemerintah dan dinas terkait,” Jelasnya.

Gugatan ini terjadi ketika PT Surya BumiMegah Sejahtera (SBS) selaku pengembang Apartemen Central Bisnis & Distrik (CBD) yang berlokasi di Jalan Dukuh Kramat RT 3-RW 4, kelurahan Jajar Tunggal kecamatan Wiyung Surabaya, digugat sebesar Rp 2 miliar oleh konsumennya Kolonel Laut Birawa Budijuwana. Jum’at (11/11).

 

Gugatan perdata tersebut diajukan ke Pengadilan Niaga Surabaya untuk meminta ganti rugi materiil dan immateriil karena PT SBS menolak mengembalikan uang cicilan senilai Rp 126.578.000, atas 2 unit apartemen di tower A dan B yang sudah dibayar, setelah ketahuan bahwa properti yang dijualnya tidak memilik Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

 

Padahal tidak adanya IMB dalam pembangunan Apartemen Puncak CBD tersebut, karena IMB merupakan salah satu produk hukum yang menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi konsumen Apartemen Puncak CBD.

 

“IMB itu produk hukum dalam bentuk perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah. Tujuannya untuk memberikan kepastian bahwa kualitas konstruksi suatu bangunan dapat dipertanggung jawabkan.

 

Di Duga Dalam Perkara ini PT SBS  melanggar pasal 8 Ayat 1 huruf a, Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), atau melanggar pasal 42 & 45, Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, karena menjual Apartemen yang tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan oleh perundang-undangan.

 

Sedangkan sistim pemasaran dan perikatan jual beli Apartemen Puncak CBD, diduga melanggar Pasal 9 Ayat 1 huruf e, Pasal 18 Ayat 1 huruf c UUPK No 8/1999, karena mencantumkan klausula baku yang dilarang oleh UUPK.

 

“Pengembang Di duga  telah mengkesampingkan pasal 1266 dan pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

 

Sedangkan Direktur utama dan Pimpinan PT SBS, Nethi dan Yoselien Octevani Kesek belum bisa dihubungi. *Sabita/Tim

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan Keadilan Mulyanto Sampai saat ini Di ombang ambingkan oleh aparat...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan Ir.Suhartati Messakh  Patty  mencari keadilan di muka bumi., namun keadilan...

Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara Advokat Belly V.S. Daniel Karamoy, dan kliennya Thie Butje Sutedja

Surabaya .warnakota.com Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara  pengacara (advokat) Belly V.S. Daniel Karamoy, S.H., M.H.,...

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...
- Advertisement -

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...

Must read

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you