Hukum Perkara Gelapan Sepeda Motor Dituntut 2 Tahun , Divonis...

Perkara Gelapan Sepeda Motor Dituntut 2 Tahun , Divonis Hakim 1 Tahun 6 Bulan

-

- Advertisment -

Surabaya,Warnakota.com

Sidang dugaan tindak pidana  Pengelapan  yang menjerat terdakwa Imam Setiawan Alias Wawan Bin Abdul Racman  digelar di Pengadilan Negeri Surabaya,

Sidang yang beragendahkan  dakwaan , keterangan Saksi sekaligus pemeriksaan terdakwa, dilanjutkan tuntutan  hingga putusan.Selasa,( 7 Juli 2020 )

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Iren SH dari Kejari Perak. Terdakwa di jerat pasal 378 Kuhp.Setelah membacakan Dakwaan , dilanjutkan ke agebda saksi  dari korban dan penangkap.

Menurut saksi  Kurnia Ramadhani Berliando Sabar Bin Alam ( korban ), awalnya terdakwa  pinjam sepeda motir selama 2 hari untuk pulang ke probolinggo lantaran istrinya melahirkan .
Sesuai jatuh tempo dua hari  terdakwa di hubungi oleh  korban tidak menjawab baru, lusanya wa korban di balas , Akan diusahakan sepedanya untuk dikembalikan sayangnya  janji tinggal janji.
Akhirnya korban  menemui Totok untuk menanyakan keberadaan sepeda ternya sudah di gadaikan Jalan Pasar Kembang  sebesar  Rp 9 .300.000;.ujar Saksi di persidangan.

Beda dengan keterangan saksi polisi , atas laporan  korba polisi berhasil meangkap terdakwa pada tangal 20 Januari 2020 di Jalan Demak Surabaya. Ujar Saksi polisi di persidangan.

Hal senada dan se irama pada saat pemeriksaan terdakwa, apa yang tanyakan baik olrh Jaksa maupun Hakim dijawab  sejujurnya dan mengakui perbuatannya apa yang diterangkan saksi dibenarkan oleh terdakwa.

Usai pemeriksaan terdakwa ,sidang dilanjutkan ke agenda penuntutan dalam tuntutan yang dibacakan oleh jaksa Iren menyampaikan bahwa terdakw secara sah bersalah melakukan tindak pidana penggelapan  pasal 378 kuhp.Terdakwa di tuntut 2 tahun penjara,

Sayangnya Tuntutan Jaksa tidak senada dan seirama  Ketua Majelis Hakim  Syaprudin Sh,Mh karena  banyak pertimbangan pertimbang yang memberatkan perbuatan terdakwa sangat meresahkan masyarakat diantaranya korban.
Yang meringankan Terdakwa menyesali perbuatannya , sopan dan tidak berbelit belit ,belum pernah dihukum sedangkan terdakwa merupakan tulang punggung keluarga,dalam hal pertimbangan tersebut hakim memvonis terdakwa dengan pasal 378 Kuhp menjatukan putusan  1 tahun 6 bulan penjara.

Diketahui terdakwa ditangkap pada tanggal 29 Januari 2020 lantaran dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, yang dilakukan dengan cara-cara, meminjam sepeda motor milik Kurnia Ramadhani Berliando Sabar Bin Alam 
1 (satu) unit sepeda motor merek Yamaha N-Max type SD-R A/T, warna putih No.Pol. L-5934-NJ No. Rangka : MH3SG3190KJ63020 No. Sin : G3E4E1531827 .

Dan digadaikan akibat perbuatan terdakwa korban mengalami kerugian sebesar lebih kurang                               Rp.  8.750.000,- .*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you