Hukum  Penyelundup 40 Kg Ganja DI Sidangkan

 Penyelundup 40 Kg Ganja DI Sidangkan

-

- Advertisment -

Surabaya, warnakota.com

Eko Agus Susanto (32) dan Agung Dzikrulloh (22), keduanya warga Jombang sekaligus para terdakwa perkara kepemilikan narkoba jenis ganja seberat 40 Kg mengakui perbuatannya di depan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Hal itu terjadi ketika sidang digelar dengan agenda pemeriksaan terdakwa,

 

“Sebenarnya saya hanya sebagai kurir yang bertugas mengambil barang dari ekpedisi untuk dibawa ke rumah kontrakan. Saya diperintah oleh Agus Tetek,” ujarnya. Terdakwa Eko juga mengakui bahwa pengiriman ganja itu terjadi sebanyak empat kali, sejak kurun waktu Agustus hingga Desember 2016 lalu.

 

Terdakwa Eko diperintah oleh Agus Tetek untuk menyimpan ganja 40 Kg yang terbagi menjadi kemasan 42 bal tersebut di rumah kontrakannya. “Bakal ada anak buah Agus Tetek yang mengambil ganja tersebut setelah ganja saya ambil dari ekspedisi,” terang Eko.

 

Sedangkan terdakwa Agung Dzikrulloh, harus ikut terseret dalam perkara ini karena keterlibatannya meminjamkan KTP dan mobilnya. KTP Agung dipinjam oleh Eko untuk proses pengambilan paket ganja dari ekpedisi. “Petugas ekpedisi awalnya menolak paketan tersebut diambil oleh Eko. Petugas meminta pengambil paket memiliki KTP Jombang. Akhirnya KTP saya yang dipakai. setelah paket ganja berhasil dikeluarkan dari ekspedisi, akhirnya kita angkut menggunakan mobil saya menuju ke kontrakan Eko,” terang Agung.

 

Mereka ditangkap petugas Polrestabes Surabaya saat hendak mengirimkan paket ganja dari Jombang menuju Surabaya. Para terdakwa ditangkap saat hendak memindahkan paket ke mobil. Selain keduanya, di TKP petugas juga berhasil mengamankan Bustanul Hamami, anak buah Agus Tetek yang saat itu sedang membantu mengangkat paketan dari rumah kontrakan Eko menuju ke mobil Agung. Sehingga, dalam perkara ini, ada empat terdakwa yang didudukan di kursi pesakitan. Hanya saja, Agus Tetek dan Bustanul dilakukan penuntutan terpisah dari kedua terdakwa diatas.

 

Setiap kali berhasil menjalankan tugasnya, terdakwa Eko mengaku mendapat imbalan Rp 2-3 juta dari Agus Tetek yang diberikan melalui tranfer.

 

Atas perbuatannya, kedua terdakwa dijerat pasal berlapis yaitu pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1, pasal 115 ayat 2 jo pasal 132 ayat , pasal 111 ayat 2 jo pasal 132 ayat UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika. Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacan nota dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chalida K Hapsari dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya.

 

Rudi Wedha Asmara, anggota tim penasehat hukum terdakwa mengatakan pihaknya bakal semaksimal mungkin mengeluarkan kedua terdakwa dari hukuman yang berat. “Mengingat mereka hanya kurir yang mendapat perintah dari orang lain,” imbuhnya.*RHY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you