Hukum Pembelaan Untuk Terdakwa Bos PT.Aman Samodra Lines

Pembelaan Untuk Terdakwa Bos PT.Aman Samodra Lines

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com
Majlis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar persidangan kasus pemalsuan dokumen dengan terdakwa, Hasan Aman Santoso, Bos PT. Aman Samudra Lines. Sidang kali ini beragendakan pembacaan duplik oleh kuasa hukum terdakwa. Rabu (24/1)

 

Kuasa hukum terdakwa, Benny Wahyu Sujatmiko pada pembacaan duplik perkara No. 3140/Pid.B/2017/PN Surabaya menanggapi, jika obyek perkara sebuah kendaraan Truk Head Hino yang di beli dari saksi korban, Eddi Tanuwijaya dalam keadaan tidak di lengkapi STNK, Buku KIR Mati dan Pajak tidak di bayar.

 

“Tanpa adanya STNK, kendaraan tersebut tak dapat di jalankan atau di operasionalkan karena tidak di lengkapai surat kendaraan” Dikutip dari kuasa hukum terdakwa, Benny Wahyu Sujatmiko saat membacakan duplik diruang Kartika I PN Surabaya.

 

Sayangnya, pernyataan duplik yang di bacakan kuasa hukum terdakwa terkait pembelian Truk Head Hino tidak disertai STNK dan KIR Mati serta Pajak belum dibayarkan di jelaskan secara gamblang oleh saksi korban, Eddi Tanuwijaya.

 

“STNK pada transaksi jual beli,  masih dalam pengurusan. Pada tgl 13 Oktober 2016 STNK tersebut sudah selesai. Setelah STNK tersebut diberikan pihak terdakwa menolak tanpa adanya alasan yg jelas” Ujar saksi korban melalui kuasa hukumnya, Wellem Mintarja

 

Tak hanya itu, Lanjut Eddi, KIR memang mati dan sudah dituangkan dalam surat jalan yang telah diserahkan oleh saksi Oriza Wahyu Prasetyo (karyawan CV. Brother Wijaya), dan surat itu sudah di terima karyawan terdakwa yaitu Agus Effendi (Karyawan PT. Aman Samudra Lines) pada saat pengambilan Truk.

 

“KIR pada saat itu memang mati. Akan tetapi, jika KIR yang mati itu bukan suatu alasan untuk tidak melakukan pelunasan pembayaran kepada saksi korban dari pembelian sebuah Truk Head Hino senilai Rp 510 juta” Jelas saksi korban, Eddi Tanuwijaya menanggapi duplik yang di bacakan kuasa hukum terdakwa.

 

Menanggapi pajak kendaraan yang belum dibayar Wellem menjelaskan jika pajak dan STNK pada saat itu dalam proses pengurusan.

 

“Pada tanggal 13 Oktober 2016 Saat itu masih proses pengrusan, karena pajak tersebut sekalian pengurusan proses STNK”

 

Wellem menambahkan, Sesuai fakta persidangan bahwa pembelian Truk Head Hino sebelumnya telah disepakati antara kedua belak pihak. Dalam kesepakatan itu mulai dari, dokumen kepemilikan kendaraan serta kondisi fisik yang sesuai, sehingga kemudian terjadilah transaksi.

 

“Menurut kami, tidak ada alasan yg sah untuk membatalkan jual-beli tersebut dikarenakan syarat sahnya suatu perjanjian telah terpenuhi sehingga perjanjian tersebut tidak dapat dibatalkan sepihak, apalagi cara membatalkannya dg memblokir kedua cek tersebut seolah-olah cek tersebut telah hilang” Tambahnya.

 

Pada sidang sebelumnya Bos PT. Aman Samudra Lines, Hasan Aman Santoso dituntut hukuman 2 tahun 5 bulan penjara, sesuai pasal 263 ayat (1) tentang pemalsuan surat oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Tanjung Perak, Siska Crhistiana. *rhy/hrt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan Keadilan Mulyanto Sampai saat ini Di ombang ambingkan oleh aparat...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan Ir.Suhartati Messakh  Patty  mencari keadilan di muka bumi., namun keadilan...

Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara Advokat Belly V.S. Daniel Karamoy, dan kliennya Thie Butje Sutedja

Surabaya .warnakota.com Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara  pengacara (advokat) Belly V.S. Daniel Karamoy, S.H., M.H.,...

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...
- Advertisement -

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...

Must read

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you