Apa saja menu harian penderita diabetes yang tepat? Apakah benar, diet diabetes tidak perlu bebas gula sama sekali?

Bagi Anda penderita diabetes, ketakutan akan gula selalu saja menghantui Anda. Akibatnya, jangankan mencicipi gula, menyentuhnyapun Anda enggan.

Pendapat bahwa gula adalah sesuatu yang berbahaya bagi penderita diabetes, terkadang terlalu didramatisir, sehingga membuat banyak penderita dan keluarga penderita diabetes merasa enggan untuk mengkonsumsi gula. Padahal, diet diabetes, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali.

Tips Membuat Menu Harian Penderita Diabetes

Keseimbangan makanan lagi-lagi menjadi faktor utama yang harus diterapkan. Pada dasarnya, tidak ada hal-hal spesial yang membuat perbedaan siknifikan antara makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dengan orang sehat lainnya.

Diet diabetes hampir sama dengan cara orang mengkonsumsi mkanan sehat. Mereka boleh makan apa saja dengan porsi yang seimbang. Jadi dalam membuat menu harian penderita diabetes boleh ada gula asalkan ikuti aturan berikut ini.

Tentukan Target Makanan Wajib Anda

Yang perlu dilakukan oleh penderita diabetes adalah menentukan target makanan apa saja yang akan di konsumsi per hari.

Anda boleh membuat jadwal yang sederhana, seperti menu makanan siang, menu makanan malam, snack, atau menu penutup. Tidak perlu mengeluarkan daftar es krim dari pilihan menu penutup mulut Anda. Hal itu tidak terlalu berguna.

Tertukan Porsi Makanan yang Dikonsumsi

Nah, yang paling penting diperhatikan adalah porsi makanan yang akan dikonsumsi. Kurangi jumlah karbohidrat dan tambahkan protein. Ingat mengurangi bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi sama sekali.

Anda juga bisa menakar gula yang akan dikonsumsi setiap harinya. Jika Anda terbiasa dengan dua scop es krim, saat ini cukup mengkonsumsi satu scop saja. Namun, sebagai saran, sebaiknya hindari permen. Makanan ini terlalu mengandung gula dalam jumlah tinggi.

Pilih Menu Diet Diabetes Sebagai Subtitusi

Tips dalam menyajikan menu harian penderita diabetes ketiga adalah memilih menu diet diabetes sebagai substitusi. Untuk panduan diet diabetes Anda menyenangkan, Anda bisa memilih menu ini.

Misalnya, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Anda bisa menggantu cemilan berupa kue kering dengan salad buah atau rujak serut yang tidak terlalu pedas. Anda bisa menganti burger beef burger dengan burger tempe dan sedikit tambahan ikan. Mudah bukan?

Satu hal yang paling penting diingat adalah, bahwasannya makanan dengan kadar gula yang tinggi bukanlah satu satunya penyebab diabetes. Ada banyak rangkaian faktor penyebab diabetes, seperti keturunan dan gaya hidup yang buruk.

Nah, itulah menu harian penderita diabetes yang tepat. Jangan lupa pastikan ketika diet diabetes Anda berjalan lancar, pastika aktifitas fisik Andapun lancar, sehingga apa yang masuk ke dalam tubuh tetap dibakar menjadi energi.