Nasional LBH Taruna Indonesia Berikan Penyuluhan PLKH Terhadap Mahasiswa Kartini...

LBH Taruna Indonesia Berikan Penyuluhan PLKH Terhadap Mahasiswa Kartini Surabaya

-

- Advertisment -


Surabaya.warnakota.com

Sebanyak 30 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelompok dari  mahsiswa  Fakultas Hukum Universitas Kartini Surabaya. Melaksanakan penyuluhan  ( pendidikan Latihan Kemahiran Hukum ) Di Lembaga Bantuan Hukum Taruna Indobesia Jalan Dukuh Pakis V no 46 Surabaya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kemenkuham Dian Megawati dan Gatot serta para advokat dan staf dari Lembaga Bantuan Hukum Taruna Indonesia. Menurut  Anandyo Susetyo SH,MH yang kerap disapa Anton selaku dosen pengampu mata kuliah PLKH Universitas Kartini menyampaikan dengan adanya Penyuluhan PLKH nantinya mahasiswa ini  dengan adanya Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) merupakan salah satu mata kuliah praktek bagi mahasiswa yang sudah menempuh sekurang-kurangnya 120 sks dan memiliki bobot 6 sks dengan jumlah 7 mata kuliah di dalamnya, yaitu mata kuliah yang terbagi kedalam litigasi dan non litigasi.Sehingga  para mahasiswa dapat mengetahui sistem beracara di Pengadilan dan juga merupakan penjabaran dari pengetahuan hukum acara yang diperoleh di bangku kuliah. Karenanya dia berharap agar para mahasiswa dapat mengikutinya dengan serius ketika lulus ilmunya bermanfaat untuk masyarakat ,.” Ujar Anandyo Susetyo SH,MH  pada wartawan.

Sementara menurut  Menurut Dian Megawati selaku Penyuluhan Ahli Muda dari Kemenkumham menyampaikan bahwa  61 LBH  salah satunya Lembaga Bantuan Hukum Taruna Indonesia Yang sudah terakreditasi bisa melakukan pendidikan Pararegal.

Paralegal adalah seseorang yang mempunyai keterampilan hukum namun ia bukan seorang Pengacara (yang profesional) dan bekerja di bawah bimbingan seorang Pengacara atau yang dinilai mempunyai kemampuan hukum untuk menggunakan keterampilannya.
Isitilah “Paralegal”, pertama kali tercantum dalam peraturan perundang-undangan yaitu dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Dalam Pasal 9 Undang-Undang Bantuan Hukum antara lain disebutkan bahwa “Pemberi Bantuan Hukum berhak melakukan rekrutmen terhadap pengacara, paralegal, dosen, dan mahasiswa fakultas hukum”. Sementara itu dalam pasal 10 antara lain disebutkan bahwa “Pemberi Bantuan Hukum berkewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Bantuan Hukum bagi advokat, paralegal, dosen, mahasiswa fakultas hukum.
Meski baru mendapatkan legitimasi formil dengan istilah “Paralegal” setelah disahkannya Undang-Undang Bantuan Hukum, namun didalam sejumlah peraturan perundang-undangan sebelumnya sesungguhnya sudah banyak memberikan legitimasi bagi posisi paralegal.

Perlu di ketahui tidak semua hukum di selesaikan secara hukum tetapi bisa dilakukan secara perdamaian. Hal ini bisa di lakukan oleh Pararegal.” Ujar Dian .

Tak hanya itu acara penyuluhan PLKH tersebut Sukarno salah satu mahasiswa Fakultas hukum Universitas Kartini sangat senang dengan adanya aacara ini karena kita mendapatkan wawasan dan pengalaman hukum sehingga kalau saya lulus nanti sudah siap untuk  mengamalkan ilmu hukum saya untuk menolong pencari keadilan dan tidak membedakan mana yang kaya dan yang miskin, tuturnya.

Sementara Arif selaku ketua penyelenggara penyuluhan PLKH , bahwa LBH Taruna Indonesia  selain memberikan bantuan hukum juga memberikan Pemberdayaan terhadap Masyarakat miskin.Baik perkara Pidana maupun perkara perdata. Tutur Arif.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Oknum Perawat dan Dokter Rumah Sakit Haji Menjalani Pemeriksaan Di Polrestabes Surabaya

Surabaya, warnakota.com Setelah  ada pelaporan dari pihak korban diduga Pelecehan...

Terpidana Perkara Korupsi Pajak PPH Fiktif Rp 1,7 Miliar, Ditangkap Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya ,warnakota.comHukum harus di tegakan tak memandang usia dan...

Bahaya Merokok Di Dalam Rumah Pada Kesehatan Balita

Surabaya, warnakota.com Perilaku merokok di dalam rumah bersama dengan...

Jaksa Gadungan Dikleler  Ke Rana Hukum  Oleh  Tim  Inteljen Kejari Mojokerto

Mojokerto,warnakota.com Kinerja  Kejaksaan Tim Intel Kejari Kota...
- Advertisement -

Oknum Perawat Rumah Sakit Haji Diseret Ke Ranahukum Oleh Pendekar Pagar Nusa

Surabaya,warnakota.com Inilah Tangan Jahil  yang diduga dilakukan oleh Oknum Perawat Rumah Sakit Haji...

Pidana Perkara Hak Paten ada dugaan dipaksakan karena diduga Terdakwa tidak tunduk Pada Putusan MA 

Surabaya,warnakota.com Sidang Hak Paten kembali di gelar di pengadilan negeri...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you