Hukum Laporan Kinerja Kejaksaan Negeri Surabaya Sepanjang Tahun 2019 Dan...

Laporan Kinerja Kejaksaan Negeri Surabaya Sepanjang Tahun 2019 Dan Berhasil Menyelamatkan Uang Negara 30 Milliar

-

- Advertisment -

Surabaya, Warnakota.com

Kinerja Kejaksaan Negeri Surabaya Patut diacungi jempol Sepanjang tahun 2019 tidak ada perkara yang tersisa alias Nunggak diantaranya perkara Pidum. Hal itu disampaikan Kepala Kejari Surabaya Anton Delianto saat menggelar jumpa pers terkait pencapaian kinerja jajarannya disepanjang tahun 2019, Selasa (31/12/2019).

Sedangkan perkara narkotika di Kejari Surabaya masih berada di urutan paling atas dibanding tindak pidana umum (pidum) lainnya, seperti curat, curas, penganiayaan maupun traffcking. “Total perkara pidum ada 2137, untuk kasus narkotika memang paling banyak, yakni 985 perkara,” kata Kajari Surabaya, pada awak media.

Sedangkan melalui bidang Pidana Khusus (Pidsus) yang dipimpin Heru Kamarullah berhasil menyelamatkan keuangan negara dengan nilai yang cukup fantastis, yakni sebesar Rp 30.881.776.666.

Nilai tersebut merupakan global saat tahap penyidikan, tahap eksekusi diantaranyadenda, pembayaran uang pengganti, eksekusi barang rampasan pengganti kerugian negara dan eksekusi barang bukti kembali ke negara berupa aset,”terang Kasi Pidsus Kejari Surabaya, Heru Kamarullah usai memaparkan capaian kinerja tahun 2019, Selasa (31/12/2019).

Dijelaskan Heru, Sepanjang 2019 ini pihaknya telah mengusut 16 perkara korupsi. Sedangkan dikasus pajak, ada 4 perkara. Untuk perkara korupsi yang sudah putus ada 10 perkara dan 6 perkara masih proses persidangan.

Sementara untuk kasus pajak sudah selesai semua,”jelas Pria peraih tiga penghargaan diantaranya Siddhakarya, WBK dan WBBM. Sepuluh perkara yang telah diputus oleh hakim Pengadilan Tipikor Surabaya tersebut, masih kata Heru, belum memiliki kekuatan hukum tetap, dikarenakan adanya upaya perlawanan baik yang dilakukan terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Belum inkracht atau memiliki kekuatan hukum tetap karena masih upaya hukum, ada yang banding, kasasi maupun peninjauan kembali atau PK,”pungkasnya.

Berikut Data Penyelamatan Keuangan Negara di Kejari Surabaya : Tahap Penyidikan sebesar Rp 3.500.000.000 (Tiga Milliar Lima Ratus Juta Rupiah) Tahap Eksekusi

1. Eksekusi Denda sebesar Rp 600.000.000 (Enam Ratus Juta Rupiah)

2. Pembayaran Uang Pengganti sebesar Rp 100.510.069 (Seratus Juga Rupiah Lima Ratus Sepuluh Ribu Enam Ratus Sembilan Rupiah).

3. Eksekusi Barang Rampasan Pengganti Kerugian Negara sebesar Rp 443.269.597 (Empat Ratus Empat Puluh Tiga Dua Ratus Enam Puluh Sembilan Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh Tujuh Rupiah).

4. Eksekusi Barang Bukti Kembali Ke Negara Berupa Aset sebesar Rp 26.218.000.000 (Dua Puluh Enam Milliar Dua Ratus Delapan Belas Juta Rupiah ). *RHY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you