Hukum Komentar Pengacara Sipoa Terhadap Terdakwa Yang Di Tuntut...

Komentar Pengacara Sipoa Terhadap Terdakwa Yang Di Tuntut 4 Tahun

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hari Basuki menuntut pidana penjara selama empat tahun penjara. Atas tuntutan tersebut, Adv IGN Boli Lasan, SH pengacara terdakwa Budi Santoso dan Ir. Klemens Sukarno Candra menlai bahwa dengan tuntutan tersebut Jaksa dianggap gagal menyampaikan seluruh fakta otentik yang diberikan para saksi yang dihadirkan oleh JPU di muka persidangan.

 

Boli menambahkan, selain bersikap ragu-ragu, JPU telah gagal pula membuktikan Surat Dakwaannya sendiri. Hal ini lantaran JPU memang tidak pernah mampu membuktikannya. Surat Tuntutan yang tidak didasarkan atas fakta persidangan yang sebenar-benarnya, maka secara materiiil tidak dapat dijadikan dasar dan titik bertolak untuk menuntut para Terdakwa, karena bertentangan dengan azas peradilan kita yang mengedepankan azas kejujuran, obyektifitas, dan tidak memihak.

” Jadi tidak berlebihan bila dikatakan, Jaksa Penuntut Umum telah melakukan wederrechtelijkheid atau Perbuatan Melawan Hukum. Karena telah menuntut tanpa dapat membuktikan adanya kesalahan pada diri para terdakwa, sesuai dengan perbuatan pidana yang dirumuskan dalam Surat Dakwaan,” ujarnya usai sidang.

Sebelumnya kata Boli, JPU telah memberikan serangkaian keterangan yang tidak mengandung unsur kebenaran dalam Surat Dakwaannya.

Padahal selama persidangan, menurut Boli, JPU terbukti tidak sungguh-sungguh berkemauan, sekaligus tidak mampu membuktikan dakwaan. Hal ini tercermin dari fakta persidangan. Dari  18 orang saksi fakta  (a charge)  yang di BAP penyidik, JPU hanya menghadirkan 2 orang saksi fakta, yakni saksi Ronny Suwono dan Aris  Birawa, keterangannya malah menguntungkan para tedakwa.

Sebanyak 16 saksi fakta lainya tidak “mau” dihadirkan JPU, yakni (1) Yudi Hartanto, (2) Fanny Sayoga, (3) Debbie Puspasari Sutedja, (4) Agung Wibowo, (5) Sugiarto Tanajohardjo, (6) Ganitra Tee, (7) Teguh Kinarto, (8) Widjijono, (9) Siauw Siauw Tiong, (10) Harisman Susanto, (11) Haryono, (12) Rudy Yulianto, (13) Isman Ansori, (14) Ir. Rudianto Indargo, (15) Maria  Hariati Soebagio, dan (16) Costaristo Tee. Berdasarkan Pasal 184 ayat (1)  KUHAP, BAP tidak dapat dijadikan alat bukti di persidangan. “Dengan demikian tidak ada yang bisa dibuktikan JPU di persidangan? Sehingga tuntutan 4 tahun tanpa pertimbangan hukum pembuktian berdasarkan fakta persidangan” ujarnya.

Bahkan secara umum menurutnya, dari besarnya tutntutan tersebut sinyalemen yang pernah ramai diberitakan berkenaan adanya rekayasa atas perkara ini yang berujung pada Peradilan Sesat, kian tidak terbantahkan. Argumen yang paling “kasa mata” dari hasil analisa terhadap Surat Dakwaan, yang dapat disampaikan dalam persidangan ini yakni JPU Tidak Melakukan Penelitian Secara Cermat Atas Berkas Perkara.
Karena perkara ini sejatinya tidak terpenuhi kelengkapan formil dan materil.

Selain itu JPU tidak mampu menggambarkan unsur-unsur Tindak Pidana yang didakwakan, fakta-fakta perbuatan terdakwa, alat-alat bukti pendukung pembuktian setiap unsur pasal yang didakwakan, dan barang bukti yang dapat mendukung upaya pembuktian.

” JPU memberikan keterangan yang tidak mengandung unsur kebenaran dalam Surat Dakwaan,” tambahnya.

 

Beda dengan Pendapat  Franky Desima Waruwu, , “salah satu tim penasehat hukum terdakwa dalam tanggapannya mengatakan, bahwa proses hukum perkara ini belum usai. Secara tegas ia mengatakan bahwa banyak saksi-saksi yang diselipkan keterangannya oleh jaksa dalam berkas tuntutan.

“Para saksi tidak pernah hadir di persidangan namun diselipkan dalam berkas tuntutan kaksa seperti yang dibacakan di persidangan tadi. Disini kita melihat ada ketidak cermatan jaksa menyusun berkas tuntutan. Sidang selanjutnya kita ajukan pledoi,” ujarnya.

Kalau dari dakwaan dengan perkara LP NO 373 yang mau di sidangkan banyak kesamaan di dalamnya, yang LP NO  1576 hanya saja perbedaannya dakwaan sebelumnya semua pengurus PT Bumi Samudera Jatim dari tahun 2013 yang Direktur Utamanya adalah Klemens Sukarno Candra mulai April 2013 hingga April 2015 setelah itu  Yudi Hartanto.

Dan April 2015 hingga sekarang di LP NO 1576 yang sudah di bacakan tuntutannya dan senua pengurus di sebutka ,dan disitu di sebutkan siapa saja yang bertangung jawab .
Akan tetapi di dakwaan  LP NO 373 di dakwaan tidak di sebutkan pengurus pengurus dia hanya menyebutkan Direktur  utama tahun 2013 IR Klemen Sukarno  Candra dan Budi Santoso direktur utama 2015 hingga sekarang.
 April sampai Febuari 2014 sampai 2015 tidak di sebutkan  Direkturnya Yudi Hartanto dan di dakwaanya tadi yang di sebutkan hanya orang orang yang bekerja sama misalnya Direjtur KJS  dia menyebutkan Roni Kusworo ,Direktur PT Sip dia menyebutkan Sugiarto dan Direktur pemasaran dia menyebutkan Arisman  sedangkan yang lain tidak di sebutkan jadi dakwaan lebih lengkap yang pertama lebih nenguntungkan ke terdakwa nantinya akan lari nya ke nebis idem proyeknya sama belum tepat di serahkan yang bikin beda jumlah tersangkanya pada dakwaan dan LP NO 1576 tersangkanya hanya 2 orang dan lP yang 373 tersangkanya 6 orang tapi yang di proses dan di limpakan cuma 3 orang sedanhkan pasalnya sana 372 dan 378 Kuhp ,Jelas Frenky kepada wartawan.*red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Peredaran Narkotika Antar Kabupaten Di Vonis 6 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milliar Subsider 1 Bulan Penjara

Surabaya, warnakota.comMajelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 6 tahun ,denda 1 Milliar...

Di Hadapan Komisi III, Kapolri Paparkan 15 Aplikasi Layanan Publik Semudah Pesan Pizza

Jakarta, warnakota.com Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan peluncuran 15...

Kapolri Keluarkan Telegram Berangus Premanisme, Ini 5 Hal Yang Harus Dijalankan Kapolda

Jakarta, warnakota.com -Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram...

Forkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan BaikForkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan Baik

Surabaya , warnskota.com Forkopimda Jawa Timur pastikan vaksinasi di kabupaten...
- Advertisement -

Selesai Kegiatan Semua Petugas Wajib Jalani Swab

Surabaya,warnakota.com Beragam sudut pandang masyarakat, mengenai penyekatan dan pemeriksaan swab...

Dukungan Masyarakat untuk Petugas yang Berjuang Melawan Covid-19

Surabaya,warnakota.com Ucapan selamat dan dukungan untuk TNI-Polri dan petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan, di...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you