Hukum Kinerja Kejaksaan Tinggi Di Tahun 2016

Kinerja Kejaksaan Tinggi Di Tahun 2016

-

- Advertisment -

Warnakota.com (Surabaya)

Terkait Adanya jumpa pers yang di selengarahkan di lantai 3 Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,

Maruli Hutagalung selaku kepala  Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ,Menjelaskan bahwa Rasa Syukur atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa,pada kesempatan  akhir tahun 2016, Perkembangan kinerja Kejaksaan Tinggi JawaTImur beserta Kejari kejari yang ada di Jawa Timur perkembangannya lebih baik di banding tahun yang kemaren,

Bahkan di tahun 2016 Prestasi yang di peroleh  Kejaksaan Tinggi Jawa Timur memperoleh  Kategori nomer 1  seluruh Indonesia.Sedangkan  dalam menanggani Perkara Korupsi Kejaksaan Negeri Surabaya Juara 1 ,Sedangkan Juara 1 untuk Tilang Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya,Dimana Program Tilang Yang Langsung pembayarannya di Bank dan seluruh staf jajaran Kejaksaan Tanjung Perak tidak sama sekali membawa uang dan menghindari Pungli   di Pengambilan Tilang.

Sedangkan  Juara  2 yaitu Kejaksaan Negeri Sidoarjo.Untuk Selanjutnya  masing masing Stafnya untuk melaporkan dari masing masing  baik dari Asisten Kasi intel ,Asisten  Tindak Pidana Korupsi,Asisten  Perdata dan Tun,Asisten Pengawasan,Asisten Kepala Bagian Tata Usaha,Asisten Tindak Pidana Umum ,dan Asisten Pembinaan ,Jelas Maruli Hutagalung  di  Depan Awak Media.

Salah satunya Laporan yang di terangkan dari Asisten Tindak Pidana Umum  yaitu,Tjahjo Aditomo,SH,Menjelaskan ,Bahwa di tahun 2016.Diantaranya terkait A,SPDP Sisa 11,029 SPDP,Terkait Penyerahan Tahap 1 sisa 12,666 Perkara,Penyerahan Tahap 11 Sisa 6,225 Perkara,Penyelesaian  perkara tahap penuntutan sisa 224 Perkara,Perkara yang menonjol  dan menarik perhatian seperti Perkara Narkotika ,2640 Perkara,Perkara Pencurian 1,344 Perkara,Perkara Penganiayaan 141 Perkara,PPerkara kejahatan terhadap nyawa 86 perkara, Perkara Kehutanan 201 perkara,Perkara Haki 3 Perkara,Dan Perkara Senpi 132 Perkara.Jelas Asisten Tindak Pidana Umum.

Sedangkan Asisten Perdata dan Tun  yaitu Sudiharto,SH,MH Menerangkan,untuk perkara  perdata 31 Perkara,perkara tun 5 perkara perkara PPH 4841 Perkara ,jumlah 4877  perkara. Untuk Penyelamatan Keuangan Negara RP 49.168.000; dan Untuk Pemulihan Keuangan Negara Rp.26,350,959,819,17; Sedangkan untuk MoU 2290 Kegiatan.Jelas  AsistenPerdata Dan Tun.

Selanjutnya Laporan dari Asisten Tindak Pidana Khusus yaitu I Made  Suarnawan SH,MH Menerangkan bahwa di tahun 2016 Penyelamatan Kerugian Keuangan Negara Rp 58,844,333,713; Jelas Asisten I Made.

 

Tidak Hanya Laporan Laporan kinerja  di tahun 2016 tetapi dalam jumpa Pers Marulli juga membahas   Mantan Ketua Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti pindah keluar negeri, rupanya mengejutkan kepala kejaksaan tinggi jawa timur. Bahkan Maruli begitu kebinggungan saat ditanya kabar tersebut oleh sejumlah wartawan di kantornya .

 

Mantan Direktur Penyidikan Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung ini mengaku, baru mengetahui kabar tersebut. Menurutnya jika memang itu terjadi, ia tak bisa berbuat banyak. Mengingat saat ini pihaknya tengah menyusun strategi sebagai upaya hukum untuk mengajukan kasasi.

 

“Meski kabar tersebut belum bisa dibenarkan, kejaksaan tetap fokus mengajukan kasasi. Karena saat ini masih ada waktu selama 14 hari untuk mempelajari memori kasasi,” kata Maruli Hutagalung.

 

Diberitakan sebelumnya, La Nyalla Mattalitti diputuskan bebas murni oleh Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan perkarannya di Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waktu lalu. Dari 5 hakim yang mempimpin sidang, 3 hakim tidak sependapat dengan jaksa.

 

Sementara, untuk kasus TPPU La Nyalla Mattalitti yang saat ini penyidikannya masih berjalan, kejaksaan sudah menetapkan 3 tersangka.

Di Acara Jumpa Pers Maruli Hutagalung selaku Kepala Kejati Jatim Yang Punya Hobi Nahan Orang Ini Sangat Prihatin Dan Merasa Di Lempari Kotoran Muka Beliau Ketika anak Buahnya  Ahmad Fauzi (AF) terjerat operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh instansinya sendiri di Surabaya, Rabu (23/11).

Pria yang disebut-sebut sebagai orang kepercayaan Kajati Jatim Maruli Hutagalung itu dibekuk lantaran menerima uang haram senilai Rp 1,5 miliar dari pihak swasta.

 

Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan, penangkapan dilakukan oleh Tim Saber Pungli Kejati Jatim. Meski begitu, penanganan kasus tersebut langsung diambil alih Kejaksaan Agung.

 

“Dari Kejati Jatim, kesepakatan bersama diambil alih oleh Kejaksaan Agung. Barang buktinya sudah berhasil diamankan, sementara si jaksanya juga sudah diamankan. Begitu pun saksi-saksi nanti akan kita usahakan mintai keterangan, Sedangkan Perkaranya baik yang menerima uanag dan pemberi uang masing masing sudah kami tahan dan perkaranya masih dalam  persidangan.

 

Menurut Maruli Saya tidak Pandang Pilih Baik itu anak buah saya jika salah pasti saya tindak lanjuti,jika tidak  bagaimana  sebagai pelayan an hukum di nilai di mata masyarakat.Jelas Maruli kepada awak media.*RHY,

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua Majelis Hakim Cantik Ni Putu Purnami SH,MH di Ruang Candra...

Gugatan Keabsahan Wasiat Semakin Memanas King Finder dan Harijana Saling Lapor

Surabaya,warnakota.com  Perseteruan antara King Finder Wong dengan Harijana terkait harta...

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi (pencinta sejenis) hingga lebam, kedua terdakwa lesbi yaitu Reni Puspitasari...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...
- Advertisement -

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Must read

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you