Hukum Keterangan Dua Orang Saksi Sebagai Pertimbangan Meringankan Terdakwa

Keterangan Dua Orang Saksi Sebagai Pertimbangan Meringankan Terdakwa

-

- Advertisment -

Surabaya,Warnakota.com

Sidang perkara alih fungsi kawasan hutan produksi yang mendudukan terdakwa Vincencius Gabriel Buce Rahayaan dikursi Pengadilan Negeri Surabaya.

Sidang yang digelar di R Garuda Pengadilan Negeri Surabaya dan dipimpin oleh ketua Majelis Dr Johanes SH,MH sedangkan Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Tanjung Perak yaitu Ginanjar Tim.

Sidang kali ini beragendakan Dua Saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum Dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Diantaranya : saksi Fence Purimahua dan Mozard kedua saksi tersebut selaku Dinas Kehutanan Ambon. Dalam fakta persidangan keteranga. saksi Mozard menerangkan bahwa dokumen semuanya berjumlah 27 dokumen yang 24 dokumen saya yang membuat sedangkan yang 3 dokumen terdakwa yang membuat , ungkap saksi dipersidangan.

Sedangkan saksi Fence didalam persidangan menjelaskan, bahwa dalam pengecekan dokumen memang ada kelalaian dari istansi kami , Karena jika di cek dalam kasad mata dokumem itu asli tetapi dia tidak mengecek antara barang dengan dokumen harus sesuai. Berhubung barang sudah dikapal dan pihak kapal tidak mau menurunkan barang, sehingga terdakwa nekad dan membuat surat tersebut agar kayu bisa terkirim.

Coba kalau terdakwa koordinasi dengan kita kalau memang kapal tidak mau menurunkan barang , pasti saya suruh turunkan kayu itu dan tidak akan terjadi sampai dipersidangan, ” ungkap Fence. Diakui Fence Memang ada kelalaian juga dari istansi kita. Yah intinya keterangan kita sebagai pertimbangan hakim untuk meringankan terdakwa . Jelas Fence.

Perlu di ketahui perkara ini terkuak lantaran terdakwa diduga melakukan tindak pidana setiap orang dilarang memuat , membongkar, mengeluarkan , mengangkat , menguasai , memiliki hasil penebangan dikawasan hutan tanpa izin .

Setiap orang dilarang membeli, memasarkan , mengolah hasil hutan kayu yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah setiap orang dilarang memalsukan surat keterangan, sahnya hasil hutan kayu menggunakan surat keterangan sahnya hasil hutan untuk kayu mrnggunakan surat keterangan sahnya hasil hutan kayu yang palsu. Sehingga terdakwa di jerat pasal 83 ayat 1 huruf A jo pasal 12 huruf D dan / atau pasal 87 ayat ( 1 ) huruf B jo pasal 12 huruf L dan / atau pasal 88 ayat ( 1 ) huruf B jo pasal 14 Undang Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 Kuhp .*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you