Nasional Kepastian Hukum Singky Soewadji Sudah Jelas, Kepastian Hukum Walikota...

Kepastian Hukum Singky Soewadji Sudah Jelas, Kepastian Hukum Walikota Risma Masih Penuh Tanda Tanya

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com

Pemohon Praperadilan  Singky Soewadji melawan Termohon Kapolrestabes Surabaya terkait terbitnya SP3 dugaan tindak pidana perdagangan satwa dilindungi di Kebun Binatang Surabaya (KBS) angkat bicara mengenai jawaban termohon .

(Kapolrestabes Surabaya) yang disampaikan dalam sidang Praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (10/11). Singky, begitu sapaan akrabnya, saat ditemui usai persidangan, memaklumi sekaligus menyayangkan jawaban termohon yang mempertanyakan alasannya baru sekarang melakukan gugatan Praperadilan sampai disebut tidak memiliki kepedulian terhadap KBS.

“Pihak Termohon kurang mengerti materi gugatan dan kronologis peristiwa “penjarahan” ratusan satwa KBS. Berarti Termohon kurang piknik. Gegara saya terus protes “penjarahan” satwa KBS, akhirnya saya dan Walikota Surabaya, Risma, dilaporkan ke Polda Jatim oleh Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI), Rahmad Shah ke Polda Jatim tahun 2014 silam. 

Setelah SP3 terbit tahun 2015, Risma selamat dari proses hukum, saya dijadikan tersangka dan dikerangkeng 18 hari di Medaeng setelah berkas perkara dinyatakan P21 oleh Kejaksaan. 

PN Surabaya dan Mahkamah Agung (MA) memutus saya bebas murni. Salah satu pertimbangan majelis hakim, karena apa yang saya suarakan adanya “penjarahan” ratusan satwa KBS  melanggar hukum mengandung kebenaran,” beber Singky.
Sayangnya dalam Laporan Polda  ada dugaan Kejanggalan  laporan Risma yang lolos dari Jeratan hukum .

Laki-laki berusia 60 tahun ini menerangkan, gugatan Praperadilan baru diajukan sekarang, sebab Putusan Mahkamah Agung (MA) yang memutus dirinya bebas murni dalam perkara pencemaran nama baik terhadap Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia) Rahmad Shah baru diketahuinya tahun 2020. 

Selain itu, salinan SP3 didapatnya dari Polrestabes Surabaya melalui proses yang panjang sampai melakukan gugatan di Komisi Informasi Publik (KIP)
“Jadi saya harus jelas dulu status hukumnya sebelum melakukan gugatan Praperadilan ini. Selain itu saya harus mengumpulkan data dan bukti,” ujarnya.

Soal tudingan tidak memiliki kepedulian terhadap KBS, Singky memaklumi kalau termohon tidak mengerti. Ia tidak perlu pamer apa yang sudah diberikan selama ini terhadap KBS yang sudah dianggap rumahnya sendiri.

“Silahkan Termohon tanya ke Walikota Risma dan pihak KBS, siapa yang berperan mendatangkan Harimau Sumatera Wira ke KBS?,” pungkasnya. *rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan Keadilan Mulyanto Sampai saat ini Di ombang ambingkan oleh aparat...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan Ir.Suhartati Messakh  Patty  mencari keadilan di muka bumi., namun keadilan...

Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara Advokat Belly V.S. Daniel Karamoy, dan kliennya Thie Butje Sutedja

Surabaya .warnakota.com Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara  pengacara (advokat) Belly V.S. Daniel Karamoy, S.H., M.H.,...

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...
- Advertisement -

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...

Must read

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you