Hukum Kedua Saksi Yang Dihadirkan Jaksa Tak menyingung Nama Agata

Kedua Saksi Yang Dihadirkan Jaksa Tak menyingung Nama Agata

-

- Advertisment -

 

Surabaya,Warnakota.com

Sidang Terdakwa Notaris Agatha kembali di gelar di R garuda 2 Pengadilan Negeri Surabaya. (Senin.9 Oktober 2018)
Sidang kali ini Jaksa Penuntut Umum  Hari Sh dari KejaksaaTinggi  Hadirkan Dua Saksi Diantaranya Saksi Dirham Admaji SH selaku Notaris  dan Suripah saksi Fakta
Dalam persidangan , saksi suripah tak pernah datang dalam persidangan di PT TUN  tetapi saksi  pernah datang Di polda untuk di mintai keterangan dalam perkara tanah di Jalan Kenjeran No 337 -338 Surabaya.
Tahunya menurut saksi Bahwa ia pernah di datangi oleh Sumarsono berserta istrinya dan di sodori kertas kosong cuma ada tulisan nama saksi .nama Suaminya dan nama anaknya tanggal dan tahunya saya lupa.
Tanpa menerangkan sedikitpun untuk apa saksi tanda tangan.

Beda dengan Saksi Notaris .
Di mana keterangan saksi ini ada dugaan pertanyaan Jaksa dan Hakim Seperti Mengiring ke suatu pelangaaran SOP kenotarisan.
Karena saksi Lupa akhirnya Jaksa menyuruh agar saksi membuka dokumen yang di bawah kalau lupa.tanpa di sadari saksi merupahkan notaris.dan harus fahan Sumpa dan janji Notaris.
Akhirnya saksi membuka data dan  membacanya di  persidangan.
Dalam persidangan saksi menjelaskan .memang sertifikat itu yang mengeluarkan ayah saya Ahmadji sebagai notaris.pada saat itu saya hanya menyimpan berkasnya pada saat itu saya belum diangkat menjadi protokol.
Saksi sempat membaca dalam sertifikat itu merupakan jual beli antara Willy Suta dan Tahir Munandar pada tahun 1974 dengan luas tanah 50130 M2 dengan harga jual beli diatas alas hak  No 644.
Kedatangan saksi memberikan kesaksian bukan atas nama lembaga tetapi atas nama pribadi.
Dari pertanyaan Kuasa hukum terdakwa inilah saksi mulai diam cukup lama .karena kuasa hukum terdakwa ketika di ingatkan  sumpah dan janji notaris .baru daksi sadar kalau beliau adalah notaris.ketika di singung  melanggar sumpa dan janji Notaris tak satupun jaksa dan hakim untuk membelahnya karena urusan intern.
Apalagi dokumen di fotokopi dan di baca dj persidangan rupanya sudah fatal .ketika sidang di lanjut ke pertayaan berikutnya  masalah perkara obyek tanah di jalan kenjeran nomer 337 dan 339 tidak ada nama Terdakwa Agataa yang di singung  singung.paparnya.
Begitu juga dengan keterangan kedua saksi di benarkan oleh terdakwa karena pada saat kejadian itu kedua saksi tak mengenal terdakwa agata.
Perlu di ketahui .isi dari sumpah dan janji notaris adalah ;
 Saya bersumpah/berjanji:
Bahwa saya akan patuh dan setia kepada Negara Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Undang-Undang tentang Jabatan Notaris seria peraturan perundang-undangan lainnya.
Bahwa saya akan menjalankan jabatan saya dengan amanah, jujur, saksama, mandiri, dan tidak berpihak.
Bahwa saya akan menjaga sikap, tingkah laku saya, dan akan menjalankan kewajiban saya sesuai dengan kode etik profesi, kehormatan, martabat, dan tanggung jawab saya sebagai Notaris.
Bahwa saya akan merahasiakan isi akta dan keterangan yang diperoleh dalam pelaksanaan jabatan saya.
Bahwa saya untuk dapat diangkat dalam jabatan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan nama atau dalih apa pun, tidak pernah dan tidak akan memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada siapa pun.”
Terkait keterangan Notaris Fi fuga ada pelabggaran SOP sumpah dan janji notaris.
Selesai sidang ketika di konfirmasi ,saksi hanya diam seperti orang kebingungan .dan hanya bisa menjawab itu sertifikat orang lain  kan bukan sertifikat prodak saya .jelasnya setelah itu diam .
Beda dengan keteranngan Wijayanto Setiawan DH selaku Kuasa hukumnya ,menurutnya dari hadirnya kedua saksi sangat meringankan terdakwa di mana kedua saksi tidak mengenal dan tidak pernah tahu terdakwa .apalagi saksi notaris seharusnya dia tahu dan dari sinilah  saksi notaris ada pelanggaran sumpa dan janji notaris .itupun saya kembalikan ke terdakwa mau melaporkan atau tidak.
intinya dari minggu yang lau  para saksi dan saksi sakarang tidak ada nama  klayen saya  yang di singung singung .jelas  Wijayanto kepada wartawan*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...
- Advertisement -

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Rumah Janda Dilalap Si Jago Merah

Surabaya,warnakota.comPeristiwa kebakaran terjadi di Jalan Dukuh Mbulak Banteng Sekolahan RT 03, RW 01 , pukul 21 :10...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you