Nasional Kawal Penerapan Pertanian Modern Pemerintah kabupaten Lamongan

Kawal Penerapan Pertanian Modern Pemerintah kabupaten Lamongan

-

- Advertisment -

 

Lamongan,warnakota.com

 Pemerintah kabupaten Lamongan konsisten untuk mengawal penerapan pertanian modern, terutama jagung. Dari hasil evaluasi, meski penerapannya belum 100 persen, produktivitas di 12 kecamatan percontohan sudah mencapai 8,1 ton perhektare. Hasil positif itu direaksi Bupati Fadeli dengan memajukan jadwal Temu Wicara Kontak Tani jauh-jauh hari sebelum dimulainya tahapan penanaman jagung.

 

Agenda ini seharusnya baru akan dilaksanakan pada awal Oktober.“Sudah terbukti pengawalan terhadap penerapan konsep pertanian modern bisa melonjakkan produktivitas jagung. Karena itu saya meminta memajukan jadwal Temu Wicara Kontak Tani ini menjadi September,” katanya saat membuka Temu Wicara Kontak Tani di Pendopo Lokatantra, Selasa (19/9/) kemarin. Bupati Fadeli juga memberi apresiasi, atas upaya keras banyak pihak sehingga target rata –  rata produktivitas di 12 kecamatan percontohan bisa terlampaui.

 Di awal road map, produktivitas jagung di 12 kecamatan hanya 6,7 ton perhektare. Sementara hingga Agustus 2017 sudah mampu mencapai rata-rata produktivitas 8,1 ton perhektare. Kami memiliki keyakinan, jika road map ini benar-benar dikawal, maka bukan sesuatu yang mustahil, jika di 2018 rata-rata produktivitas bisa mencapai 10 ton perhektare di 12 kecamatan percontohan,” katanya menambahkan. Selain pengawalan, Pemerintah kabupaten  Lamongan seperti disampaikan Fadeli akan melakukan pengadaan 10 backhoe untuk pembuatan embung di desa-desa.

Sehingga diharapkan akan tersedia cukup sumber air baku, ketika musim puncak kemarau tiba. Dari evaluasi atas pelaksanaan road map yang  disampaikan M. Kholil Mahfud dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Malang, adopsi teknologi budidaya jagung modern rata-rata baru diterapkan 57 persen oleh petani. Itu terkait dengan komponen penyiapan lahan, penggunaan varietas, penggunaan pupuk organik, jarak tanam, jenis dan takaran pupuk NPK serta cara pemberian pupuk NPK.“Yang cukup menggembirakan, 70 persen petani sudah menggunakan pupuk organik.

Karena itu akan dibuatkan road map untuk bisa memenuhi kebutuhan pupuk organik,” jelasnya. Penerapan adopsi teknologi budidaya jagung yang tidak sampai 60 persen ini rupanya sudah cukup melonjakkan produktivitas menjadi 8, 1 ton perhektar. Karena itu tidak berlebihan jika Fadeli optimis bisa mencapai 10 ton perhektare pada 2018. * Dra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you