Hukum Jaksa Tak Mampu Buktikan Dakwaan Terdakwa Jarwo Mantan...

Jaksa Tak Mampu Buktikan Dakwaan Terdakwa Jarwo Mantan Direktur Pelindo Dan Terdakwa Yolanda ,Kedua Terdakwa Bebas.

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com

Babak akhir sudah sidang  terkait perkara Pelindo yang di gelar di R Cakra Pengadilan Negeri Surabaya,Sidang kali ini beagendahkan Pembacaan  Putusan yang  berjumlah kurang lebih 150 halaman di bacakan oleh ketiga hakim saling bergantian di R Cakra  Pengadilan Negeri Surabaya.Senin ,4/12/2017.

Dalam fakta persidangan kedua terdakwa dengan duduk tegas dan perasaan tegang mendengarkan  pembacaan amar putusan yang di bacakan oleh ketiga hakim.

Walaupun jaksa penuntut umum dari kejari tanjung perak surabaya, telah menuntut tetdakwa Jarwo 3 tahun penjara dan terdakwa yolanda di tuntut oleh jaksa penuntut umum 1 tahun penjara.namun hakim berpendapat lain terkait perkara ini.

Menimbanga,terdakwa satu majelis hakim akan mempertimbangkan selanjutnya.sedangkan terdakwa dua majelis  hakim akan mempertimbangkan khusus.

Menimbang d alam fakta hukum tetdakwa sujarwo dan tetdakwa yolanda  atas pertanyaan bisa menjawàb dalam keadaan sehat jasmani dan rohani terdakwa bertàngung jawab atas  jawabannya  dan pertanyaan.

Hakim berpendapat unsur menguntungkan sendiri tidak terpenuhi unsurnyà.bahkan hakim berpendapat lain dalam persidangan tidak di temukan unsur  kesepakatàn kejahatan bersama untuk mementingkan diri sendiri .bahkan peranan  kedua tetdakwa  tidak terpenuhi.

Menimbang  bahwa unsur terdakwa satu Sujarwo dan terdakwa dua yolanda tidak terpenuhi unsur unsurnya  pasal 263 kuhp maka kedua terdakwa di bebaskan .

Menimbang terkait terdakwa dua membelanjakan namun unsur tersebut  obyektif dan tidak merugikan golongan tetapi individu..

Menimbang,terdakwa satu  dan terdakwa  dua tidak pernah membelànjakan atau mengalihkan  uang  ,tetdakwa  di bebaskan dari dakwaan tuntutan umum.

Mengadili.  Tidak  bersalah dan tidak memenuhi unsur dakwaan satu dan dakwaan dua.maka di bebaskan.sedangkan terdakwa dua yolanda tidak trtbukti  dalam membelanjakan uang   tetapi tidak ada unsur pidana maka  tetdakwa dua yolanda  dilepaskan .àtau onsla

Mengadili terdakwa satu  jarwo .tidak terbukti adanya pencucian uang .sedangkan terdakwa yolanda terbukti bersalah karena mentransfer uang untuk membelanjakan  tetapi tidak merugihkan golongan .maka terdakwa yolanda di lepaskan.jelas  ketua majelis hakim Maxi.

Putusan hakim tersebut di terima.tetapi Jaksa Penuntut umum Kasasi.

Seperti diketahui kasus pungli pemeiksaan karantina di TPS ini terungkap, saat kepolisian dari Mabes Polri menangkap Direktur Utama PT Akara Multi Karya, Augusto Hutapea, saat sedang mengambil uang dari importir. Pada saat dikembangkan uang pungli mengalir ke terdakwa Djarwo sebanyak Rp 1,5 milyar dan terdakwa Rahmat Satria sebanyak Rp 3 milyar juga ke Firdiat Firman Rp 3 milyar.

Namun hal perkara ini Hakim Harus bisa lebih amanah dan jeli dalam setiap menilai dan memutuskan perkara karena Hakim merupahkan wakil Tuhan di muka bumi.*Rhy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...

Merasa Dicemarkan. Masbuhin Umumkan Tantangan Pada Pieter Talaway

Surabaya.warnakota.com Mantan kuasa hukum konsumen Sipoa Masbuhin menduga adanya pihak-pihak yang sengaja menyerang dan...
- Advertisement -

Advokat Masbuhin Ajukan Banding Atas Sangsi Pemberhentian Setahun dari DKD Peradi Jatim

Surabaya.warnakota.comDewan Kehormatan Daerah (DKD) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jawa Timur menjatuhkan sangsi pemberhentian sementara 12 bulan dan...

Putusan Pahit Praperadilan Singky Soewadji Terhadap Polrestabes Surabaya.

Surabaya.warnakota.com Sidang babak akhir gugatan Praperadilan nomer  perkara 28 atas nama singky dan polrestabes .berujung...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you