Hukum Jaksa Penuntut Umum Hadirkan Saksi Penterjemah Bahasa Mandarin

Jaksa Penuntut Umum Hadirkan Saksi Penterjemah Bahasa Mandarin

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com

Sidang Penipuan dan Pengelapan yang Mendudukan Terdakwa  Salim Himawan Saputra (38),Sidang yang di gelar di R Garuda Pengadilan Negeri Surabaya.Sidang yang di pimpin oleh Ketua Majelis Dedi Fardiman .

Sidang yang beragendahkan Saksi  yang di hadirkan oleh jaksa Penuntut Umum Chalida dan  Ginanjar dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak,yaitu saksi Aisyah selaku Penterjamah bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia  dan sebaliknya bahasa Indonesia ke bahasa Mandarain.(23/10/2017).

Sebelum di mulai saksi di sumpah terlebih dahulu Menurut  saksi  Aisyah .Bahwa saya hanya sebagai Penterjemah pada saat itu ada pertemuan antara  Zhang Liang dan terdakwa Salim untuk membahas pekerjaan terkait pembicaraan lain lain saya tidak ingat ,dan saya diminta nomer rekening ,setelah itu bulan September 2015  ada kiriman uang sebesar Rp 35 juta di rekening saya,uang itu  dari siapa saya tidak tahu.Masalah penyewaan alat Berat itupun saya tidak tahu,jelas saksi.

 

Perlu diketahui, terdakwa dilaporkan Elizabeth Kaverya pada September 2016 karena tidak membeli alat berat excavator merk Komatsu sebesar Rp 500 juta, sesuai Letter Of Intens (LOI) atas nama PT Guna Karya Pembangunan (perusahaan milik terdakwa) dengan China Road Bridge Coorporation (CRBC) dalam pekerjaan jalan tol Solo-Kertosono.

 

Uang Elizabeth Kaverya sebanyak Rp 500 juta itu dipakai terdakwa Salim Himawan Saputra  di duga untuk keperluan pribadi, bukan untuk membeli alat berat excavator seperti yang sudah direncanakan sebelumnya dengan disertai janji akan membagi keuntungan selama 2 tahun.

 

Namun, uang tersebut ternyata tidak dipakai untuk pembuatan membeli excavator, malah dipakai terdakwa Salim Himawan Saputra  di duga untuk keperluan lain diantaranya membiayai operasional pekerjaan jalan Tol Solo-Kertosono.

 

Kasus ini pun akhirnya dilaporkan Elizabeth ke Polisi. Salim ditetapkan tersangka dan ditahan. Penahanan itupun berlanjut dilakukan jaksa. Namun, Terdakwa Salim kembali menghirup udara bebas. Hakim Dedi Fardiman mengalihkan status tahanan nya menjadi tahanan kota

 

Pengalihan status penahanan terdakwa Salim Himawan Saputra ini dirubah oleh ketua majelis hakim Dedi Fardiman setelah melihat rekam medis kesehatan terdakwa, dan istri terdakwa memberikan uang jaminan sebesar Rp 200 juta.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you