Hukum Ini Alasan Hakim Memvonis 4 Bulan Terpidana Narkoba

Ini Alasan Hakim Memvonis 4 Bulan Terpidana Narkoba

-

- Advertisment -
IMG-20190128-WA0057

Surabaya,Warnakota.com

Setelah beredarnya berita terkait narkoba  yabg di tuntut 6 bulan dan di vonis 4 bulan akhirnya Ketua Majelis Hakim Maxi Sigarlaki SH,MH , Angkat Bicara , ” Vonis 4 Bulan yang dijatuhkan terhadap terpidana M .Hamid  pada terdakwa kasus peredaran narkotika  menurutnya sesuai dengan pasal yang dituntutkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurachman.

“[Terbukti] Ada perbuatan tapi tidak melaporkan, atas dasar itu Jaksa menuntut 6 bulan. Lazimnya majelis hakim setelah mempelajari menjatuhkan vonis 2/3 dari tuntutan.”Kata Maxi Sigarlaki, di gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (28/1).

IMG-20190128-WA0058

Pasal tuntutan JPU  dimaksud Maxi ialah Pasal 131 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 
Dalam pasal itu dijelaskan Maxi terdapat tiga unsur, yang pertama unsur setiap orang, kedua unsur dengan sengaja dan yang ketiga tidak melaporkan adanya tindakan pidana narkotika.
Jika memenuhi unsur pada pasal tersebut, yang bersangkutan dapat dikenakan pasal yang dimaksud dengan ancaman hukuman satu tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 50 juta.
“Saya melihatnya seseorang melakukan perbuatan pidana tidak melaporkan, mestinya kalau undang-undang lain itu kan hak, tapi kalau undang-undang narkotika itu wajib [melaporkan]”papar Maxi.
Dalam kasus ini, Moh Hamid didakwa oleh penuntut umum dengan pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 131 UU-RI  Nomer 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
Namun, Pada jalannya persidangan terungkap sejumlah fakta, bahwa perbuatan Hamid telah memenuhi unsur pidana yang termuat dalam pasal 131, sehingga Jaksa menuntutnya dengan tuntutan selama 6 bulan penjara.

Narkotika jenis sabu seberat 5 gram itu diakui Hamid merupakan milik dari Rofik, salah seorang bandar sabu yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak Kepolisian.

Hamid dalam persidangan juga mengakui bahwa sabu itu merupakan jenis obat-obatan terlarang. Namun pengetahuannya tersebut tidak digunakan untuk melapor pada pihak berwajib sehingga ia harus menerima sanksi hukuman pidana.*tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua Majelis Hakim Cantik Ni Putu Purnami SH,MH di Ruang Candra...

Gugatan Keabsahan Wasiat Semakin Memanas King Finder dan Harijana Saling Lapor

Surabaya,warnakota.com  Perseteruan antara King Finder Wong dengan Harijana terkait harta...

Lesbi Tawuran DiVonis Dua Bulan 

Surabaya,warnakota.com Pukul sesama lesbi (pencinta sejenis) hingga lebam, kedua terdakwa lesbi yaitu Reni Puspitasari...

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...
- Advertisement -

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Must read

Sidang Narkoba Pembelaan Kuasa Hukum Tidak Sependapat Dengan Tuntutan Jaksa

Surabaya,warnakota.comSidang penyala gunaan Narkoba yang disidangkan ketua...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you