Ekonomi Edukasi Keuangan untuk Anak Sekolah di Mauk Tangerang

Edukasi Keuangan untuk Anak Sekolah di Mauk Tangerang

-

- Advertisment -

Surabaya.warnakota.com

Zurich Indonesia menyelenggarakan edukasi keuangan untuk anak sekolah di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini merupakan bagian dari Zurich Community Week, program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) yang diadakan oleh Zurich Indonesia setiap tahun. Dalam kesempatan ini, segenap karyawan Zurich Indonesia juga terjun langsung untuk membangun rumah layak huni dan perpustakaan sekolah untuk masyarakat di daerah tersebut.

Zurich Community Week juga secara global diselenggarakan serentak oleh seluruh perusahaan yang tergabung dalam Zurich Group yang berpusat di Swiss. Zurich memiliki misi untuk membantu masyarakat memahami risiko dan cara melindungi diri dan keluarga dari risiko-risiko tersebut. Di Indonesia sendiri, kesenjangan antara pemahaman terhadap risiko dengan tingginya risiko yang harus dihadapi masyarakat (protection gap) masih terbilang tinggi.

“Lewat Zurich Community Week yang diadakan setiap tahun, kami berharap dapat secara berkelanjutan mendukung perluasan edukasi mengenai risiko dan proteksi, yang berperan penting dalam menjembatani protection gap di Indonesia. Tujuan utama dari program edukasi keuangan ini juga untuk mendukung inisiatif literasi dan  inklusi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkap Chris Bendl, Country Manager Zurich Indonesia.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK)Otoritas Jasa Keuangan (OJK)2016, tingkat literasi keuangan masyarakat baru di angka 29,66%. Artinya, baru satu dari tiga penduduk Indonesia yang telah memiliki literasi keuangan yang memadai. Padahal, literasi keuangan merupakan kecakapan hidup (life skill) yang penting dalam masyarakat modern.

Edukasi keuangan lewat program Zurich Community Week 2017 sendiri menyasar anak usia sekolah dari kelas 4 sampai dengan kelas 9, mengingat pentingnya mengenalkan pengelolaan keuangan dan proteksi sejak usia dini. “Seringkali urusan keuangan dianggap urusan orang dewasa, sehingga anak-anak usia sekolah dirasa belum perlu memahami soal keuangan. Padahal, kebiasaan untuk peduli terhadap pengelolaan keuangan dan proteksi harus dibangun sejak usia dini. Sulit jika baru ditumbuhkan ketika dewasa, terutama di era masa kini dimana pengelolaan keuangan serta risiko yang dihadapi sudah lebih kompleks. Untuk itu edukasi keuangan sejak dini harus digalakkan, guna membentuk generasi masa depan yang lebih matang dalam mengatur perencanaan hidup serta mampu melindungi diri dari risiko,” jelas Chris.

Chris melanjutkan, “Contoh edukasi yang cocok untuk anak usia sekolah adalah belajar mengatur uang saku mereka. Mereka dapat belajar dari mana uang berasal, membedakan antara kebutuhan dengan keinginan, serta makna menabung. Anak-anak usia sekolah tentunya tidak akan tertarik mendengarkan presentasi panjang lebar mengenai keuangan. Program harus menyenangkan, interaktif dan relevan dengan kehidupan mereka. Untuk itu edukasi menggunakan pendekatan story telling, dengan menyelipkan games serta kuis. Melalui inisiatif seperti ini, kami berharap dapat meningkatkan minat siswa untuk mengelola keuangannya dengan lebih bijak,” ucap Bendl.

Kedepan, Zurich Indonesia terus mengembangkan inisiatif untuk memberikan edukasi keuangan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu program yang sedang berjalan adalah kelas asuransi online bernama Zurich Proteksi Education Program. Tujuan utama dari setiap inisiatif ini adalah untuk menunjukkan komitmen Zurich di Indonesia tentang kepedulian perusahaan untuk masyarakat agar bisa mengenal dan memahami seluk beluk perencanaan keuangan, agar mampu memahami dan melindungi diri mereka dari risiko. *adpt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan Keadilan Mulyanto Sampai saat ini Di ombang ambingkan oleh aparat...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan Ir.Suhartati Messakh  Patty  mencari keadilan di muka bumi., namun keadilan...

Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara Advokat Belly V.S. Daniel Karamoy, dan kliennya Thie Butje Sutedja

Surabaya .warnakota.com Sidang Gugatan Perlawanan Hukum antara  pengacara (advokat) Belly V.S. Daniel Karamoy, S.H., M.H.,...

Ketua DKD Peradi Jatim Pieter Talaway dan Advokat Masbuhin Saling Membenarkan Argumentasinya Masing Masing

Surabaya. Warnakota.com Rupaya berita panas terkait  Mantan...
- Advertisement -

Tidak Konsisten PN Surabaya Terkait Perkara Eksekusi

Surabaya,warnakota.com  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkesan tidak tegas soal pelaksanaan eksekusi lahan di Jalan...

Jaksa Perak, Eksekusi Buronan Kasus Kepabeanan Sempat Sembunyi

Surabaya,warnakota.com Pelarian Hasan Nur Effendi selama 5 tahun sejak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung...

Must read

Oknum jaksa Mangkrakan Perkara Berkas P21 menjadi P19

Surabaya. Warnakota.com Kepastian hukum dan...

Sudah 6 tahun lebih Suhartati Mencari Keadilan Atas Eksekusi Rumahnya

Surabaya. Warnakota.comSudah 6 tahun lebih Jeki Messakh dan...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you