Hukum Diduga Tuntutan Jaksa Dan Putusan Hakim Menyimpang dari KUHP...

Diduga Tuntutan Jaksa Dan Putusan Hakim Menyimpang dari KUHP dan UU narkotika no 35 tahun 2009

-

- Advertisment -

 

Surabaya.Warnakota.com

Entah apa dasar pertimbangan Jaksa  dan Hakim  menuntut 6 bulan dan memutus 4 bulan terkait perkara narkoba terhadap terdakwa  Moh Hamid (31) warga Parseh Utara Socah Bangkalan, Madura.

Tuntutan dan putusan tersebut membuat suatu tanda tanya ? Karena dalam KUHP pun sudah diatur minimal  tahanan yang sudah di sebutkan dalam UU narkotika no 35 tahun 2009.kecuali bebas .

Perlu di ketahui dalam fakta persidangan  yang di gelar  di R Sari 2 dengan ketua Majelis Hakim Maxi Sigarlaki  SH,MH dan Jaksa Penuntut Umum Nur Rochman dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Di langsir dari Suara Hukum.com Dalam tuntutan JPU Nur Rochman menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 6 bulan  terhadap Moh Hamid (31) warga Parseh Utara Socah Bangkalan, Madura.

Selesai membacakan tuntutan sidang di teruskan ke agenda putusan, dalam putusan pun rupanya putusan Hakim tak seirama dengan tuntutan jaksa .malah  lebih rendah yaitu di putus 4 bulan penjara.Setelah membacakan putusan akhirnya Jaksa Penuntut Umum Menerima putusan .

Perlu di ketahui Terdakwa diganjar hukuman biasa karena dianggap melanggar Pasal 131 UU Rl No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Padahal,

Di dalam dakwaan utama JPU memberikan sanksi dengan Pasal 114 UU Rl No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Moh Hamid bin Suparman sendiri ditangkap saat menyerahkan sabu yang diklaim milik Rofik (DPO). Saat menyerahkan sabu seberat 5,887 gram ke Mat Jei, pria kelahiran 1987 ini ditangkap polisi, di Pasar Baru, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, September 2018 lalu.

Tak heran jika perkara narkoba dimana tuntutan dan putusan  yang paling rendah sekali membuat praktisi hukum dari Universitas Airlangga (Unair) I Wayan Titib Sulaksana angkat bicara.

“Woow… lha kok dituntut cuma 6 bulan bagi komplotan pengedar narkoba?” tanya Wayan, Rabu (23/1/2019).

Wayan menyebut, tuntutan JPU sangat tidak menunjukan atensi pemerintah untuk pemberantasan narkoba. “Tuntutan JPU dalam kasus kejahatan narkoba, sama sekali tidak menunjukkan atensi pemberantasan narkoba yang sedang digalakkan pemerintah,” paparnya.

Menurut Wayan, selama ini kejahatan narkotika termasuk extraordinary crime (kejahatan luar biasa) yang membutuhan penanganan serius. “Bukankah sudah disepakati bahwa kejahatan narkotika adalah extraordinary crime. Karenanya harus dituntut dengan hukuman maksimal,” terangnya.

Guru Besar Unair pun  merasa heran, padahal terdakwa tersebut (dalam dakwaan) terbukti membawa, menyimpan dan mengedarkan lebih dari 5 gram sabu, namun hanya diganjar dengan tuntutan 6 bulan dan mendapat hukuman 4 bulan saja.

“Lha wis ngono kok tuntutannya cuma 6 bulan? Kalau hukuman di Malaysia, sanksi pidana membawa, menyimpan dan mengedarkan narkotika 5 gram atau lebih, bisa pidana mati,” jelas Wayan.

Semua ini penuh tanya ,apakah oknum Jaksa dan oknum hakim salah ketik dalam membuat tuntutan dan putusan ? Ataukah  ada dugaan  adanya penyimpangan hukum yang di duga bermuatan ?

Sampai berita ini naik pihak Jaksa Penuntut Umum Nur Rochman dan Ketua Majelis Hakim Maxi Sigarlaki SH,MH belum di konfirmasi.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you