Hukum Di Duga Kepala Cabang Bank CTBC Ikut Berperan Dalam...

Di Duga Kepala Cabang Bank CTBC Ikut Berperan Dalam Perkara Ini

-

- Advertisment -

Surabaya,warnamota.com

Tiga terdakwa kasus penipuan kredit fiktif Bank CTBC Surabaya memasuki agenda pledoi yang di bacakan di ruang Tirta II Pengadilan Negeri Surabaya.

 

Dua dari tiga terdakwa eks Seles Officer (SO) yakni, Budi Anak Robert Taning serta Ade Dian Sanura yang tanpa didampingi kuasa hukum membacakan nota pembelaanya di hdapan majlis hakim. Pada saat membacakan pledoi keduanya mengakui serta menyesali perbuatanya.

 

“Saya akui perbuatan pemalsuan dokumen kredit dan berjanji tidak akan mengulanginya di kemudian hari” Ujar terdakwa Ade Dian Sanura pada saat membacakan surat pembelaan secara tertulis yang di bacakan di depan majlis hakim.

 

Hal senada juga dibacakan oleh terdakwa Budi Anak Robert dirinya mengakui perbuatanya dan meminta majlis hakim untuk meringankan hukuman dengan dalih dirinya menjadi tulang punggung keluarga.

Sementara terdakwa Rudi Desmon Tampi nota pembelaanya dibacakan oleh kuasa hukumnya.

 

Kuasa hukum terdakwa, Agus Dwi Suwarno membacakan secara bergiliran dengan tim kuasa hukumnya mengatakan jika pada saat persidangan yang lalu sudah terungkap jelas bahwa pelaku pelaku pemalsuan data aplikasi permohonan pengajuan kredit itu dilakukan oleh eks pegawai Bank CTBC Surabaya bagian Sales Officer.

“Sesuai fakta persidangan yang melakukan pemalsuan data aplikasi kredit Salary Loan (KTP, SLIP gaji, Rekening Bank) Sales Officer Bank CTBC Surabaya yakni terdakwa Ade Diyan Sanura dan Budi Anak Robert Taning” ujarnya

 

Pada poin berikutnya yang dibacakan Agus yakni, berdasarkan keterangan saksi Ahli Perbankan Dr. Dra. Liosten R.R Ully Tampubolon menyatakan bahwa yang bertanggungjawab didalam Bank CTBC terkait SOP yang tidak sesuai dengan aturan Bank pada umunya adalah pimpinan cabang dan semua yang terlibat dalam alur pengajuan kredit Salary Loan.

 

Poin penting bahwa saksi Kepala Cabang Bank CTBC Fransisca Leonora Wiharjo dibawah sumpah membeerikan keterangan jika saksi tidak tahu apa yang dipalsukan oleh terdakwa. Saksi juga menyatakan job disc dari kepala cabang adalah mengevaluasi dan monitoring seluruh tugas sehari-hari dikantor cabang.

 

Poin penting dari Saksi Condro bagian audit internal Bank CTBC, bahwa saksi menyatakan kredit Salary Loan tidak bisa dilakukan apabila tidak ada Mou antara perusahaan yang mengajukan kredit Salary Loan yang bekerjasama antara Bank CTBC dengan perusahaan.

 

lanjut poin penting dari saksi Condro, bahwa saksi yang menyatakan jika yang menandatangani Mou adalah AO dan kepala cabang untuk pihak Bank CTBC serta HRD dan Direktur untuk pihak perusahaan yang mengajukan kredit.

 

Setelah tiga terdakwa usai membacakan pledoi, Ketua Majlis Ari Jiwantara memberikan kesempatan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yusuf Akbar untuk menanggapi pledoi yang telah dibacakan. Pada tanggapanya, JPU tetap pada tuntutanya.

“tetap pada tuntutan” ujar JPU menanggapi isi pledoi.

 

Perlu diketahui, Terdakwa Rudi Desmon Tampi sebelumnya telah dikenakan tuntutan JPU dengan7 tahun 6 bulan dan denda Rp 10 miliar sesuai pasal 49 Ayat (1) tentang perbankan.

 

Selain Rudi, dua rekanya yakni, Budi Anak Robert Taning serta Ade Dian Sanura masing-masing dituntut hukuman 7 tahun dan denda Rp 10 miliar sesuai pasal 49 Ayat 1 Jo Pasal 55 Ayat 1 dan pasal 64 Ayat 1 KUHP Tentang Perbankan. *tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Sentra Kuliner Urip Sumorjo Dibuat Ajang Pungli Langgar Perwali nomor 78 Tahun 2016

Surabaya ,warnakota.comDiduga pelanggaran terhadap aturan yang ada di dalam Dinas koperasi Perwali nomor 78 tahun 2016 yang...

Wooo,,,Baru Tahu Kalau Rumah YKP  Harus Diberikan Kepada Masyarakat 

Surabaya,warnakota.com Pengurus baru Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya, Ketua...

Terdakwa  Venansius Diduga Kebal Hukum Akhirnya Ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Surabaya

Surabaya, warnakota.comSurabaya,Terdakwa  Venansius Niek Widodo dikabarkan kembali ditahan atas kasus penipuan dan penggelapan,...

Hakim Cantik Manjakan Residivis Penipuan dan Penggelapan terdakwa Venansius tidak ditahan

Surabaya, warnakota.com  Sidang Terbuka terkait  perkara dugaan penipuan 63 milliar...
- Advertisement -

Sidang Keabsahan Wasiat Terkait Harta Peninggalan, Aprilia Okadjaja

Surabaya,warnakota.comPengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang perebutan harta peninggalan dari (Alm) Aprilia Okadjaja antara King Finder...

Rumah Janda Dilalap Si Jago Merah

Surabaya,warnakota.comPeristiwa kebakaran terjadi di Jalan Dukuh Mbulak Banteng Sekolahan RT 03, RW 01 , pukul 21 :10...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you