Hukum BPKP Dikonfrontir Atas Keterangan Tersangka

BPKP Dikonfrontir Atas Keterangan Tersangka

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com.

Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim terus mendalami dugaan kasus korupsi dana revitalisasi peremajaan atau pembangunan PD Pasar Surya. Kali ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dikonfrontir atas keterangan tersangka Michael Bambang Parikesit, mantan Plt Dirut PD Pasar Surya.

 

Richard Marpaung, Kepala Seksi Penerangan hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim mengatakan, kehadiran BPKP untuk mengkonfrontir keterangan dari tersangka Michael Bambang Parikesit. Nantinya keterangan tersangka akan dicocokan dengan data penyidik. “Tujuannya pencocokan data dari penyidik dan keterangan dari tersangka, guna perhitungan kerugian negaranya,” katanya di Kejati Jatim, Kamis (22/3/2018).

 

Ditanya terkait kerugian negara yang dihitung BPKP, Richard mengaku, kerugian negara sementara senilai Rp 6 miliar. Namun kerugian negara ini nantinya akan bertambah, tidak hanya dikisaran Rp 6 miliar saja. “Kan Rp 6 miliar itu kerugian negara sementara. Pasti kerugiannya akan bertambah dari jumlah tersebut,” jelas Richard.

 

Disinggung mengenai upaya praperadilan yang dilakukan tersangka, Richard mengaku hal tersebut merupakan hak dari tersangka.

 

Intinya penyidik Pidsus Kejati Jatim tetap melakukan penyidikan terkait kasus dugaan korupsi di tubuh PD Pasar Surya. Dalam artian gugatan praperadilan yang dilakukan tersangka tidak menghalangi proses penyidikan kasus ini. “Gugatan praperadilan kan Cuma formalitas saja. Dan tidak menghalangi proses penyidikan yang dilakukan Kejati Jatim. Penyidikan tetap jalan,” tegas Richard.

 

Mantan Kasipidum Kejari Belitung ini menambahkan, gugatan praperadilan yang dilakukan tersangka tidak serta merta menghalangi proses penyidikan oleh penyidik.

 

Meskipun misalnya tersangka menang dalam praperadilannya, Kejaksaan akan mengeluarkan Sprindik (Surat Perintah Penyidikan) kasus ini lagi. “Kan praperadilan hanya menyoal penetapan tersangka dan masa tahanan. Kalau misal dia (tersangka, red) menang, masa tahanannya kembali ke nol. Tapi kami tetap mengeluarkan sprindik lagi dalam kasus ini,” pungkasnya.

 

Michael Bambang Parikesit ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini lantaran diduga telah menggunakan sebagian dana revitalisasi sebesar Rp 20 miliar untuk kegiatan lain-lain. Padahal sesuai perencanaan, dana penyertaan modal Pemkot di PD Pasar itu akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana beberapa pasar.

 

Dana yang bersumber dari APBD kota Surabaya itu ternyata dicampur untuk dana operasional. Atas perbuatannya, pria yang akrab disapa Parikesit ini dianggap telah merugikan negara sebesar Rp 14,8 miliar.*tim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you