Pendidikan Bocah SDYang Kreatif Dan Inovasi

Bocah SDYang Kreatif Dan Inovasi

-

- Advertisment -

Surabaya,warnakota.com
Inilah Shaqilla Calysta Shaki Y bocah berumur 9 tahun siswa kelas 4 SD Sekolah Dasar Negeri Kaliasin 1 Surabaya, bersama orang tuanya dan rombongan Guru Pembina SDN Kaliasin 1 Surabaya beserta rombongan Dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau kota Surabaya.

Saat mendemonstrasikan sabun cuci berbahan baku minyak jelantah hasil inovasinya DiKawasan Monumen Kapal Selam Surabaya.

Keberhasilan Shaqillah akrab dipanggil Qilla ini berawal dari adanya kegiatan di sekolahnya yaitu Pendidikan karakter dintaranya sikap peduli terhadap lingkungan hidup sehingga membuat Qilla ini mempunyai ide untuk membuat sabun cuci tangan maupun pakaian dari bahan minyak jelantah yang setiap harinya Ia temui baik dirumah maupun disekitar lingkungan yang banyak dibuang orang sehingga mencemari lingkungan hidup, sabun cuci dari minyak jelantah ini dibuat dengan campuran bahan kimia yang tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia , hasil olahan minyak Jelantah menjadi sabun cuci ini ada yang berbentuk padat dan cair.

Sementara menurut Katrin selaku bagian umum Kepegawaian Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau ( DKRTH ) kota Surabaya, pemanfaatan minyak Jelantah menjadi sabun cuci tangan yang selama pandemi ini digunakan dijalan jalan di kota Surabaya sehingga inovasi ini bisa membantu Pemerintah kota Surabaya, atas pembuatan sabun dari Minyak Jelantah ini kedepannya diharapkan bisa dijadikan percontohan bagi siswa siswa lain untuk berinovasi dari bahan bekas maupun limbah rumah tangga.” ujar Katrin pada wartawan.

Sementara menurut guru pembina Shaqilla yaitu Tri Wahyuningtyas,S.Pd. mengatakan Jadi kami sebagai guru disekolah mengajar tetapi kami mendidik dan mengarahkan siswa kami untuk mempunyai karajter yang baik karena pendidikan karakter disekolah disekolah dasar sangat penting.

Salah satunya dengan mengajar pada mereka bagaimana pentingnya untuk peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap sekitarnya mereka maka Qilla ini melihat adanya limbah minyak jelantah selama ini di buang ditanah dan disungai yang mengakibatkan dan menganggu ekosistim dan merusak tanah dan air maka kami mengarahkan kepada murid – murid kami Untuk mengarakan proyek mengolah minyak jelantah menjadi sabun dan mengajak masyarakat untuk tidak lagi membuang minyak jelantahnya tetapi menampung untuk menjadi sabun  yang  saat ini berguna bagi masyarakat yaitu untuk mencuci tangan pada masa pandemi dengan demikian anak anak  bisa peduli dengan lingkungannya .

Hal ini terjadi pada seorang anak murid SD ini saat mereka menjadi pemimpin bisa bertangung jawa terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya .

Rencananya akan diproduksi massal dan kami akan mencoba mengurus perijinan dan lain lainnya .

Awalnya Qilla ingin memberikan untuk sosial tetapi pastinya suatu ketika akan diproduksi bisa dijual dan kami akan mengajarkan kewirausahaan yang berwawasn lingkungan terhadap lingkungan kami.” Ujar guru pembina SDN Kaliasin 1 Surabaya.*( Sri Rahayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Catut Keluarga Cikeas, Tipu Korban Ratusan Juta

Surabaya, warnakota.com Mengaku masih kerabat keluarga Cikeas, Elizabeth Susanti (terdakwa),...

Hut RI Ke-76 Ayam Bakar Cak Glembos Berikanlah Promo Paket MERDEKA

Surabaya .warnakota.com Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 yang jatuh...

Gugatan Praperadilan Elliany Soetikno Permohonanny Di Tolak Majelis Hakim

Surabaya,warnkota.com Suasana sidang putusan Praperadilan yang diajukan Elliany Soetikno Binti Soetikno di Pengadilan Negeri...

Kibarkan Bendera Merah Putih Sebagai Simbol Optimisme Lawan Covid-19

Jombang,warnakota.com Personil gabungan terdiri Polres Jombang, Kodim 0814 dan Satpol PP Pemkab Jombang melaksanakan...
- Advertisement -

Anggap Sebagai Ibadah, Polisi di Gresik ini Donor Plasma Konvalesen hingga Sembilan

Gresik, warnakota.com BRIPKA Nuki Seputro sudah sembilan kali mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI)...

Kapolda Jatim Cek langsung Vaksinasi Merdeka Di atas Kapal

Surabaya,warnakota.com Kapolda Jawa Timur bersama Pejabat Utama Polda Jatim, melakukan...

Must read

Hut RI Ke-76 Ayam Bakar Cak Glembos Berikanlah Promo Paket MERDEKA

Surabaya .warnakota.com Dalam menyambut...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you