Nasional Bangunkan 50 Rumah Untuk Nelayan

Bangunkan 50 Rumah Untuk Nelayan

-

- Advertisment -


Lamongan,warnakota.com
Bupati Lamongan Fadeli menyerahkan kunci rumah kepada nelayan di Desa Paloh Kecamatan Paciran, Kamis (15/3). Sebanyak 50 rumah ini khusus dibangun bagi nelayan untuk mengurangi kawasan kumuh. Zainal Ma’arif , salah satu warga yang beruntung mendapatkan rumah tersebut mengaku sangat terbantu. Arif yang berprofesi sebagai nelayan itu selama ini menempati sebuah rumah bersama 2 kepala keluarga lain. Sama halnya dengan Achmad Subkhan.

 

Sebelum menerima bantuan rumah, dia tinggal bersama empat kepala keluarga lain dalam satu rumah. Rumah ini selanjutnya akan diserahkan kepada warga dengan sistem sewa. Untuk besaran dan jangka waktu sewa masih akan ditentukan kemudian. Namun kedua nelayan itu, Arif dan Subkhan berharap ada fleksibilitas dalam nilai sewa. Karena pekerjaan mereka sebagai nelayan sangat tergantung dengan musim.

 

Bupati Fadeli mengatakan pembangunan rumah itu bagian dari perhatian pemerintah untuk mengurangi kawasan kumuh. “Tadi saya lihat kualitas bangunannya sangat bagus, bersih dan memiliki view langsung ke laut. Ini agar dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, “ ujarnya. Dia menuturkan Pemerintah Kabupaten Lamongan juga memiliki program rumah sehat. Setidaknya agar tidak ada lagi rumah di Lamongan yang beralaskan tanah sehingga lebih sehat. Saat 2016, terdata sebanyak 62 ribu rumah yang masih berlantai tanah. Saat ini sebanyak 42 ribu rumah sudah mendapat bantuan plesterisasi.

 

“Sebanyak 20 ribu rumah sisanya yang masih berlantai tanah tahun ini akan dituntaskan, “ katanya menambahkan. Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasab Pemukiman Mochammad Wahyudi menyebutkan pembangunan 50 rumah itu mengunakan dana APBDN sebesar Rp 5 miliar.

 

Sedangkan tanahnya menggunakan aset Desa Paloh. Dari APBD ada anggaran yang digunakan untuk pembangunan prasaranan sarana dan utilitas (PSU) seperti jalan lingkungan dan saluran air. Masing-masing rumah nelayan ini dibangun di lahan seluas 10×12 meter dengan luas bangunan 6×9 meter. Rumah ini dilengkapi dua kamar, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi dan fasilitas untuk dapur, serta sudah dilengkapi dengan listrik dan air bersih.*dra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you