Hukum Akibat Pembangunan Rumah Tetangga , Rumah Methivani Rusak

Akibat Pembangunan Rumah Tetangga , Rumah Methivani Rusak

-

- Advertisment -

Surabaya . Warnakota.com

Akibat Pembangunan Rumah yang dilakukan oleh Suryabudi dan Kim Hariono di Jalan Bhaskara Sari  no 64 Surabaya.
Rumah Methivani Rusak sayangnya pihak dari Suryadi Dan Kim Hariono Tidak Bertangung Jawab,Padahal Sudah ada surat pernjajian dan Somasi Namun tak pernah di Indahkan Oleh pihak Suryadi dan Kim Hariono.Akhirnya dilayangkan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum di Pengadilan Negeri Surabaya.
Dalam Sidang Gugatan perbuatan melawan hukum (PMH)   yang diajukan  Methivani Tanudjaja  (penggugat) melawan 
Suryabudi Sebagai (Tergugat 1), Kim Hariono ( Tergugat 11 ).Sedangkan para tergugat yaitu ;  Pemerintah Kota Surabaya , Dinas Perumahan Rakyat  Dan Kawasan  Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang .
  Dalam sidang yang digelar di ruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, kamis (3/11/2020).


Dalam sidang gugatan PMH yang dipimpin oleh Hakim Ketua Yohanes Sh,Mhum, mengagendakan Pemberkasan  dari Pengugat, Tergugat dan  Para Tergugat.

Usai persidangan Menurut Kuasa Hukum Adi Cipta Nugraha Sh,Mh dari ACN LAW OFFiCE mengatakan bahwa Rumah Methivanitelah rusak akibat adanya pembangunan yang dilakukan Tetangganya yang tidak sesuai Standart akibat Pondasinya turun lantaran jarak dengan pembangunan terhadap rumah Pengugat bersebelahan.
Hingga 4 tahun Pengugat Menunggu itikat baik dari tergugat untuk Menganti Kerusakan akibat pembangunan ,ujar Kuasa Hukum Adi Cipta Nugraha Sh pada wartawan

Perlu diketahui dalam alasan gugatan disebutkan,  salah satunya  adalah peristiwa  bahwa penggugat  adalah pemilik sah atas rumah yang berlamat di Jl.Bhaskara Sari No. 64, Surabaya, Kec. Sukolilo, Kel. Kalisari dengan luas sebesar 300 m2 (tiga ratusmeter persegi) berdasarkan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 1265 dengan luasbangunan sebesar 170 m2. 
Sedangkan Tergugat I adalah pemilik sah atas rumah yang beralamat di JI. Bhaskara Sari No. 66, Surabaya, berdasarkan surat izin mendirikan bangunan (IMB) nomor188.4/6744-92/436.7.5/2017Surabaya .
Dalam hal ini Tergugat 1 dan Tergugat 11untuk membongkar dan membangun
kembali rumah yang secara keseluruhan dikerjakan oleh Tergugat  ;dengan sepengetahuan Tergugat I, Tergugat  II pada tanggal 22 September
2017 membongkar bangunan yang berada di Jl. Bhaskara Sari No. 66, Surabaya tanpamemberitahu kepada Pengugat .
Setelah pembongkaran yang dilakukan TergugatII telah selesai, mandor dan pemborong Tergugat I sebelum memmulai pembangunan telah melihat kondisi rumah Pengugat yang masih dalam keadaan sangat baik sertaberdiri kokoh tanpa ada bagian yang retak sama sekali.
seiring berjalannya waktu akibat dari pembangunan yang dilakukan  Tergugat I, rumah Pengugat terkena dampak yaitu mengakibatkan rumah milikPengugat menjadi retak dan rusak yang lama kelamaan menjadi lebih parah;
 Bahwa Pengugat telah berusaha untuk menjalin komunikasi dengan baikterhadap Para Tergugat untuk memperbaiki rumah milik Pengugat namun selalu mendapat tanggapan yang kurang menyenangkan dan tidak dihiraukanoleh Para Tergugat antara lain:a. Melaporkan kepada pihak RT (Rukaum Tetangga) setempat yang kemudian padatanggal 4 Maret 2018, TergugatI telah menandatangani Surat Perianjian diatas materai yang berisi mengenai kesanggupan untuk melakukan perbaikanrumah milik Pengugat namun sampai saat ini tidak terealisasi .

 Pada tanggal 12 April 2018 oleh Kelurahan Kalisari memanggil TimIndependen untuk menganalisa dan mengevaluasi kerusakan rumah milikPengugat.  hasil analisa tim independen menyimpulkan terkait kerusakan rumah milik pengugat, akibat pembangunan yang dilakukan oleh Tergugat I .rumah Pengugat mengalami rusak parah.
karena tidak ada itikad baik dari PARA TERGUGAT, sudah dilakukan untuk Somasi sampai kedua kali namun Tergugat Tidak Pernah menghiraukan.)
 Bahwa, tindakan pembongkaran dan pembangunan yang dilakukan Tergugat  yang
tidak memperhatikan keadaan setempat, sehingga secara sepihak secara nyatamerupakan Perbuatan Melawan Hukum sesuai Pasal 1365 KUH Perdata yangmenentukan sebagai berikut:Tiap-tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian pada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggganti kerugian tersebut.”
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, maka unsur-unsur Pasal 1365 KUH Perdata dapat diuraikan sebagai berikut:1) Ada Perbuatan Melawan Hukum;2) Ada Kesalahan;3) Ada Hubungan Sebab Akibat Antara Kerugian dan Perbuatan;4) Ada Kerugian.15. Bahwa, terdapat pelanggaran dalam aturan pembangunan tersebut pada melanggar Pasal 47 ke-1 dan ke-2 huruf a jo. Pasal 35 ke-1 UU No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.*rhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Peredaran Narkotika Antar Kabupaten Di Vonis 6 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milliar Subsider 1 Bulan Penjara

Surabaya, warnakota.comMajelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 6 tahun ,denda 1 Milliar...

Di Hadapan Komisi III, Kapolri Paparkan 15 Aplikasi Layanan Publik Semudah Pesan Pizza

Jakarta, warnakota.com Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan peluncuran 15...

Kapolri Keluarkan Telegram Berangus Premanisme, Ini 5 Hal Yang Harus Dijalankan Kapolda

Jakarta, warnakota.com -Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram...

Forkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan BaikForkopimda Jatim Pastikan Vaksinasi di Sampang Berjalan Baik

Surabaya , warnskota.com Forkopimda Jawa Timur pastikan vaksinasi di kabupaten...
- Advertisement -

Selesai Kegiatan Semua Petugas Wajib Jalani Swab

Surabaya,warnakota.com Beragam sudut pandang masyarakat, mengenai penyekatan dan pemeriksaan swab...

Dukungan Masyarakat untuk Petugas yang Berjuang Melawan Covid-19

Surabaya,warnakota.com Ucapan selamat dan dukungan untuk TNI-Polri dan petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan, di...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you