Umum Adu Kreatif Memasak Ikan

Adu Kreatif Memasak Ikan

-

- Advertisment -


Lamongan,warnakota.com
Ada wingko dengan bahan dasar ikan bandeng. Bahkan ada puding berbentuk ikan yang bahan utamanya dari ikan. Itu adalah beberapa menu kreasi ibu-ibu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lamongan saat Lomba Masak Serba Ikan di Pendopo Lokatantra, (8/5) kemarin. Kreatifitas membuat berbagai menu dengan bahan ikan itu mendapat apresiasi dari Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Makhdumah Fadeli.

 

Dia mengungkapkan, ikan sudah lama diketahui mengandung banyak nutrisi dan gizi, yang sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Dengan mengadakan lomba seperti ini, dia berharap menu kreasinya bisa dijadikan contoh ibu-ibu saat memasakkan anaknya. “Di sini bisa dilihat bagaimana kreativitas dalam mengolah ikan, yang tidak hanya dimasak yang itu-itu saja. Kita harus bisa mengolah ikan menjadi makanan atau kudapan agar tidak membosankan.

 

Karena ikan mengandung banyak sekali gizi. Jadi harus dibiasakan sejak dini,” ungkap Mahdumah Fadeli. Lomba ini mendatangkan juri dari Asosiasi Chef Jawa Timur Sukiman, Praktisi Tata Boga dan Ahli Gizi Indah Nugroho dan dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Yusminiarsih. Sementara kriteria yang dinilai yakni dari segi kreatifitas, penyajian, cita rasa dan keamanan untuk dikonsumsi.

 

Praktisi Tata Boga dan Ahli Gizi Indah Nugroho menyarankan agar semua bahan yang digunakan tidak ada yang menggunakan bahan instan, misalnya saos. “Kalau bisa jangan menggunakan bahan instan, seperti saos kemasan. Lebih baik kita membuat saos sendiri. Karena selain sehat, kita juga tahu bahwa bahannya aman untuk dikonsumsi,” jelas Indah Nugroho.

 

Dalam acara tersebut menu yang dilombakan yakni menu kudapan, menu keluarga dan menu balita yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Terdapat beberapa menu menarik seperti wingko dengan bahan dasar ikan bandeng yang disajikan oleh Badan Pendapatan Daerah, puding yang tak hanya bentuknya saja seperti ikan tetapi juga salah satu bahannya menggunakan ikan gabus (kuthuk) dari DPU Bina Marga bahkan kue kastengel dan coklatpun dibuat dari ikan lele yang disajikan oleh Dinas Perhubungan.

 

Untuk menu kudapan, juara pertama dalah menu dari RSUD dr Soegiri. Kemudian menu keluarga juara pertamanya Dinas Perhubungan dan juara pertama untuk menu balita adalah Dinas Perikanan.*dra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/ PN.SbyPMH perkara keabsahan warisan Aprilia Okadjaja kembali di gelar di...

IKA Stikosa AWS, Gusdurian dan INTI Surabaya Bagikan 200 Menu Buka Puasa

Surabaya ,warnakota.com Banyak cara dilakukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan...

Korem Baladhika Jaya Berkomitmen Bangun Generasi Berakhlak Mulia

        Kota Malang,- Korem 083/Baladhika Jaya berkomitmen untuk mencetak generasi...

Pemohon Renvoi Prosedur Dan Termohon Renvoi Prosedur Ajukan Argumentasi Hukum 

  Surabaya , warnakota.com Sidang lanjutan gugatan Renvoi Prosedur yang dimohonkan Cindro...
- Advertisement -

Keterangan Ahli Menguntungkan Bagi Pengugat , Pemberi Wasiat Bebas Nemberikan Wasiat Kepada Siapapun

Surabaya,warnakota.com Sidang Sengketa waris antara Harijana dan King Finder Wong...

Saya Tidak Pernah Bercerai Dengan Aprilia Okadjaja, Harijana Itu Cucu Keponakan 

Surabaya, warnakota.com Cerita keluarga bahagia dan harmonis meski sudah 28 tahun...

Must read

Sebagai wakil Tuhan Dimuka Bumi Harus Lebih Jeli Dalam Menilai Perkara Gugatan Wasiat

Surabaya, warnakota.comSidang gugatan perdata nomer perkara: 1127/Pdt.G/2020/...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you